Penyebab Nyeri Sendi di Lutut

Sendi pada lutu bak skok pada sepeda motor saja karena menurut dokter dia ini akan juga mengalami aus setelah berapa kali denyutan. Untungnya sendi lutut adalah ciptaan Allah SWT sehingga akan tetap bisa regenerasi dengan sendirinya berkat KemurahanNya.

Sendi lutut merupakan sendi yang kompleks dan rentan. Berbagai faktor dapat menyebabkan nyeri pada lutut, tapi penyebab paling sering adalah cedera, tekanan berlebihan pada lutut dan aus karena penggunaan berulang-ulang.

Dari pasien yang datang berobat ke klinik Jakarta Knee & Shoulder Orthopaedic Sport Center RS.Pondok Indah Jakarta, lebih dari 41 persen pasien cedera lutut disebabkan oleh kegiatan olahraga.
"Jenis olahraga yang bisa menyebabkan cedera lutut adalah olahraga yang ada gerakan berlari dan melompat, misalnya sepak bola, futsal, basket, atau pun bela diri," kata dr. L.Andre Pontoh, Sp.OT(K), spesialis bedah orthopedi di RS.Pondok Indah Jakarta, Kamis (10/7/14).

Cedera bisa terjadi karena tahapan olahraga tidak dilalui dengan benar, misalnya kurang pemanasan, atau pun karena salah teknik olahraga.

"Sebagian besar pasien saya bukan olahragawan. Kebanyakan adalah mereka yang sebelumnya tidak pernah olahraga, tiba-tiba mau olahraga ekstrem padahal otot-ototnya tidak kuat," katanya.



Gejala utama cedera lutut adalah rasa nyeri pada bagian depan lutut, nyeri saat melakukan gerakan duduk dan berdiri, lutut tidak bisa dilipta penuh, atau nyeri saat naik turun tangga.

Untuk mencegahnya, sebaiknya lakukan kegiatan olahraga secara bertahap. Jika berat badan berlebihan, lakukan olahraga yang tidak terlalu membebani lutut, misalnya bersepeda atau berenang.

Itulah Penyebab Nyeri Sendi di Lutut.

sumber: kompas.com
editor: obat sakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Nyeri Sendi di Lutut"

Post a Comment

Labels