Penyakit Gangguan Bipolar Pernah Dialami Robin William dan Marshanda

Penyakit MOOD yang dinamai bipolar ini tampak asing bagi saya. Orang JAWA bilang ini yang namanya "Loro Gendeng" alias edan bin koplak sawetawis.

Bayangkan saja kebanyakan BIPOLAR ini diderita oleh orang-orang yang kaya raya seperti artis dunia maupun lokal. Sudah banyak uang tapi tidak mampu bahagia, kan ya malah menderita. Mending melarat daripada kaya tidak bahagia. Asal jangan melarat terus ditambah dengan tidak adanya rasa bahagia saja.

Penyakit gangguan bipolar belakangan ini makin sering diperbincangkan setelah aktris peran dan penyanyi Marshanda mengaku pernah didiagnosa menderita bipolar.


Penderita bipolar sebenarnya cukup banyak di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh dr.Andri, SpKJ. "Penderitanya banyak, tapi banyak yang tidak sadar kalau punya gangguan ini," ujarnya.

Cap gila juga kerap disematkan masyarakat pada penderita gangguan bipolar sehingga mereka menutup diri dan enggan berobat.

Bipolar adalah gangguan pada alam perasaan (mood) yang berubah-ubah dalam periode waktu tertentu. Satu ketika, penderita mengalami depresi sehingga menjadi murung, diam, atau menarik dari lingkungan.

Di waktu lain, ia mengalami manik (mania) yang ditunjukkan dengan semangat menggebu dalam beraktivitas, tak pernah lelah, dan tak tidur berhari-hari.

Berbeda dengan depresi atau manik yang dialami manusia pada umumnya, gejala pada penderita bipolar terjadi secara berulang dan berlangsung seumur hidup. Gejala yang muncul terkadang bercampur atau berubah sangat cepat.

Penyakit Gangguan Bipolar Pernah Dialami Robin William dan Marshanda.

sumber:
kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Penyakit Gangguan Bipolar Pernah Dialami Robin William dan Marshanda"

  1. kalau sudah parah harus mengkonsumsi obat penenang ya penyakit bipolar ini?

    ReplyDelete
  2. LAR nya itu nandaian kalo emang penyakit ini suka nyerang para orang beduitvdan jg artis kali ya mas :)

    ReplyDelete

Labels