Bila Mendapatkan 5 Gejala Awal Stroke ini Cepat Bawa ke RS

Aku, kamu, kalian semua paara pembaca blog obat sakit ini, mau tidak mau harus mau dan sadar tidar sadar haruslah sadar dan mengerti akan tanda-tanda awal penyakit stroke yang mengancam sel otak angota keluarga dan keluargaku. Dikatakan oleh dokter bahwa banyak sekali orang Indonesia ini yang mengerti gejala awal stroke.

Inilah yang merepotkan, karena waktu adalah uang, kalau tidak segera dibawa ke dokter, semakin banyak sel otak yang mati. Pertanyaannya adalah langkag awal apa yang harus diambil untuk penanganan sakit stroke ini. Admin sendiri juga masih belum yakin. Yang pasti adalah segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan.
Seperti halnya serangan jantung, stroke adalah kondisi yang membutuhkan perawatan medis sesegera mungkin. Penanganan yang cepat dan tepat sangat menentukan kondisi pasien selanjutnya. Sayangnya, pasien stroke sering terlambat dibawa ke rumah sakit.

Keterlambatan penanganan pasien stroke, menurut dr.Nizmah, spesialis saraf dari RS.Bunda Jakarta, kebanyakan disebabkan karena orang di sekitar atau keluarga pasien tidak tahu gejala stroke. Selain itu stroke juga kadang tidak menimbulkan nyeri dan gejala yang muncul ringan

Gejala stroke biasanya terjadi tiba-tiba dan mendadak serti halnya jantung.

Gejala stroke antara lain adalah:

1. Serangan lemas.
2. Mati rasa secara mendadak pada wajah, lengan, atau kaki.
3. Mengalami sulit bicara atau memahami pembicaraan.
4. Nyeri kepala hebat.
5. Hilangnya keseimbangan tubuh secara mendadak.

Waktu sangat berharga saat terjadi stroke. Kehilangan waktu berarti kehilangan lebih banyak sel otak.

Stroke terjadi karena pasokan darah ke otak mengalami gangguan, baik itu karena tersumbat atau pembuluh darah pecah. Padahal jika aliran darah ke otak terhambat, sel-sel saraf otak tidak mendapat oksigen, akibatnya sel tersebut mati.

"Jika otak 5 menit tidak mendapat suplai darah, ia akan mati. Sementara pada organ tubuh lain bisa lebih lama, misalnya pada ginjal bisa sampai 20 menit," kata dr.Ibnu Benhadi, spesialis bedah saraf.



Ibnu mengatakan, begitu gejala muncul pasien harus segera dibawa ke rumah sakit. Penanganan stroke sendiri disesuaikan dengan penyebabnya. Bila stroke disebabkan sumbatan pembuluh darah atau disebut stroke iskemik, dokter akan memberikan pengencer darah.

Sementara itu pada stroke akibat pecahnya pembuluh darah atau stroke hemoragik, bisa dilakukan pembedahan.

sumber:kompas.com
editor:obat sakit.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bila Mendapatkan 5 Gejala Awal Stroke ini Cepat Bawa ke RS"

  1. Serem juga ya stroke ini... gejala seperti ini harus cepet2 diobati.. thnks infonya ya

    ReplyDelete