6 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Biasakanlah mandi pagi hari sebelum bedug subuh karena khasiatnya banyak untuk kesehatah tubuh Anda sendiri. Biasanya kalai mandi jam segitu, ogah-ogahan alias malas karena dinginnya begitu menyengat kulit.

Mandi sudah menjadi keharusan bagi setiap manusia untuk menjaga kebersihan tubuh. Namun terkadang, ada saja hal-hal yang membuat seseorang itu melupakan mandi di pagi hari. Terutama apabila hari libur tiba. Kebanyakan mereka beranggapan bahwa mandi di pagi hari itu dingin. Jadi, tak jarang beberapa orang menggunakan air hangat saat mandi di pagi hari.

Mandi di pagi hari, sebaiknya menggunakan air dingin. Karena bila mandi pagi menggunakan air dingin banyak manfaatnya, terutama bagi kesehatan Anda. Berikut ini ada beberapa manfaat bila Anda mandi pagi menggunakan air dingin.

6 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari


1. Melancarkan sirkulasi darah

Dengan lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh maka seluruh organ tubuh pun juga tetap terjaga dan terpelihara kesehatannya. Disamping itu, manfaat lainnya yaitu mempercepat proses penyembuhan, serta menguragi berbagai jenis peradangan pada tubuh.

2. Mandi pagi mampu melancarkan peredaran darah

Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

3. Menguatkan tubuh

Menguatkan tubuh disini artinya adalah meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit dan kuman yang masuk kedalam tubuh. Anda mungkin pasti bertanya, kok bisa? Ini terjadi karena dengan mandi air dingin di pagi hari, tubuh akan menghasilakn lebih banyak sel darah putih yang berguna untuk menghalau berbagai jenis penyakit dan kuman yang masuk ke dalam tubuh.



4. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan

Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Akibatnya, kesuburan dan gairah pun akan semakin meningkat.

5. Mengurangi dan menghilangkan stress

Mandi di waktu pagi dengan air biasa atau dingin (bukan air hangat) bisa menghilangkan stress. Ini disebabkan mandi pagi bisa memasukkkan oksigen ke seluruh tubuh dengan optimal. Untuk diketahui bahwa tubuh manusia membutuhkan oksigen dalam setiap organnya, jadi semakin optimalnya oksigen dalam tubuh maka tingkat stres akan berkurang. Oleh karena itu, mandi pagi bisa mengurangi bahkan bisa menghilangkan stress yang dirasakan. Jadi, biasakan mandi pagi sebelum jam 6 pagi, karena setelah jam 6 biasanya rasa dinginnnya akan berkurang. Lebih dingin lebih baik (dipagi hari).

6. Meningkatkan kesehatan rambut di kepala

Mandi air dingin di pagi hari ternyata juga mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut atau mahkota kepala Anda. Ini dikarenakan, dengan mulai mandi air dingin di pagi hari akan semakin memperkuat akar rambut yang membuat rambut tidak mudah rontok maupun kusam.

sumber: islampos.com
editor: obat sakit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari"

Post a Comment

Labels