5 Manfaat dari Nangka

Dari kejauhan saja sudah bisa merasakan kehadiran dari buah nangka ini dari bau yang dipancarkan. Ya buah nangka memang lezat dimakan dan dijadikan olahan makanan lainnya. Bahkan bisa dibuat keripik nangka yang sangat lezat.

Nangka merupakan buah yang cukup dekat dengan masyarakat Indonesia. Selain dimakan sebagai buah matang, buah nangka muda juga biasa diolah menjadi sayur.

Nangka bukanlah buah biasa. Buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan sehingga dapat disebut sebagai buah super. Tidak hanya daging buahnya yang dapat dimanfaatkan, bijinya pun mampu diolah menjadi makanan yang memberikan manfaat kesehatan. Nangka secara umum merupakan sumber yang kaya nutrisi dan mineral.

Berikut beberapa manfaat dari nangka.

5 Manfaat dari Nangka


1. Melindungi dari kanker.

Bersamaan dengan vitamin C, nangka juga mengandung polinutrien yang mampu melawan kanker, seperti lignan, isoflavon, dan saponin. Nutrisi ini tidak hanya dapat mengikat radikal bebas yang memicu kanker, tetapi juga memperbaiki fungsi sel-sel sehat di dalam tubuh.
2. Imunitas.

Nangka merupakan sumber vitamin C yang baik sehingga bersifat antiviral dan antibakteri. Vitamin C memperbaiki sistem imun dan meningkatkan fungsinya. Sistem imun yang sehat dapat melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.

3. Memperbaiki pencernaan.

Nangka mengandung banyak serat pangan yang membuatnya memiliki sifat laksatif. Ini artinya nangka membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah konstipasi.



4. Kesehatan kulit.

Paparan polusi, sinar ultraviolet, dan asap terhadap kulit seringkali tidak dapat terhindari. Padahal hal-hal tersebut dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan. Buah yang kaya antioksidan seperti nangka akan membantu memperlambat aktivitas radikal bebas yang menyebabkan penuaan.

5. Kesehatan tulang.

Nangka mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga membantu memperkuat tulang. Rutin mengonsumsi nangka dapat meringankan risiko osteoporosis. Nangka juga mengandung potasium yang membantu mengurangi pembuangan kalsium di ginjal.

sumber:
kompas.com
editor: admin obat sakit.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Manfaat dari Nangka"

  1. banyak banget khasiat nangka ya...termasuk mengatasi osteoporosis.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete