5 Khasiat Sayur Sawi

Bagi para vegetarian, sawi adalah menjadi menu favoritnya karena terasa renyah ketika dikunyah. Sawi ternyata memiliki khasiat yang bisa mencegah kanker dan kandungan mineral dan vitaminnya banyak.

Apabila kalian suka makan sayur, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan sayur hijau bernama sawi. Sayur yang biasa digunakan sebagai campuran mi dan sup ini sangat mudah didapat di pasar mana saja. Harganya pun juga sangat terjangkau. Jika Anda termasuk penggemar sayur sawi, maka Anda beruntung.

Sawi memiliki banyak nutrisi sehat yang bermanfaat untuk kesehatan Anda. Hal ini didukung kutipan dari www.stylecraze.com yang menyatakan bahwa paling tidak ada 5 manfaat sawi.

5 Khasiat Sayur Sawi


1. Mencegah kanker.

Sawi juga merupakan sayur anti-karsinogenik yang mengandung glucosinolate, yang kemudian dikonversi ke isothiocyanate yang memiliki sifat pencegahan kanker. Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin dan mineral sawi juga sangat tinggi sehingga sangat baik menurunkan risiko terserang kanker.

2. Sumber vitamin dan mineral.

Sawi merupakan sayur kaya vitamin A, C, dan K yang penting menjaga fungsi tubuh. Vitamin C dan A adalah antioksidan alami yang kuat melindungi tubuh dari radikal bebas, memperkuat imunitas dan menjaga kesehatan penglihatan. Vitamin K sendiri berfungsi menjaga kepadatan tulang dan bahkan mampu mencegah kerusakan syaraf otak.

Sawi juga merupakan sumber zat besi, magnesium, kalsium, seng, kalium, selenium, mangan, folat, protein, dan serat makanan yang baik untuk pencernaan dan penurunan kolesterol. Asam folat sangat baik dalam sintesis DNA, mencegah cacat janin dan menjaga perkembangan janin sehat.

3. Kaya antioksidan.

Sawi merupakan sumber fitonutrien atau tanaman yang dihasilkan nutrisi serta antioksidan. Selain vitamin C dan A, juga memiliki asam hydroxycinnamic, isothamnetin, quercetin, dan kaempferol yang merupakan fitonutrien antioksidan kunci yang dibawa sawi.



Fitonutrien tinggi dalam sawi bergizi untuk mengurangi stres oksidatif pada sel-sel dalam tubuh, dan bahkan membantu mencegah kanker payudara, usus besar, kandung kemih, prostat, ovarium, dan paru-paru. Itulah mengapa tubuh butuh banyak antioksidan.

4. Membantu detoks tubuh.

Sawi yang kaya serat akan sekaligus menjadi agen detoks yang sangat baik di dalam usus. Selain itu, sawi juga mengandung sulfur dan antioksidan sehingga sangat baik dalam detoksifikasi tubuh. Karena sawi kaya akan klorofil, ini juga sangat baik dalam menyerap karbon dioksida yang akan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

5. Bersifat anti-inflamasi.

Sawi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan kronis serta mengurangi risiko penyakit arthritis dan bengkak-bengkak lainnya. Ini karena sawi memiliki kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3 yang memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu juga mengandung isothiocyanate yang berfungsi mencegah peradangan dan mengurangi risiko stroke.

sumber: vemale.com
editor: obat sakit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Khasiat Sayur Sawi"

Post a Comment

Labels