5 Khasiat Petai Cina Lamtoro

Petai Cina atau Lamtoro atau Mlandingan orang Jawa menyebutnya. Sayuran ini biasanya dapat dibuat sebagai campuran Bothok, dicampurkan ke sayur bening dan sebagainya. Rasanya enak meskipun dikunyah sebagai lalapan makan sehari-hari.

Sayur-mayur memiliki banyak varian yang bisa dipilih untuk disajikan sebagai menu makanan, tidak terkecuali yang satu ini, petai cina. Anda mungkin sudah sangat kenal dengan petai yang berukuran besar, namun petai cina yang berukuran lebih kecil juga tidak kalah sehat dalam hal nutrisi.

Bahkan di beberapa negara, pohon petai cina dijadikan salah satu tanaman obat yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, ada beberapa manfaat dari petai cina untuk tubuh, antara lain adalah sebagai berikut.

5 Khasiat Petai Cina Lamtoro


1. Menjaga kesehatan kulit.

Bahkan daun petai cina juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Daun pohon petai cina memiliki enzim alami memicu pembentukan kolagen dalam sel-sel kulit sehingga terhindar dari kulit kusam, kering, dan keriput. Ekstrak daun petai cina juga dapat dijadikan toner kulit untuk mengurangi kulit berminyak, melembabkan dan memberi nutrisi kesegaran pada kulit.

2. Anti-kanker.

Ekstrak biji petai cina juga sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko serangan penyakit kanker. Anda bisa menyeduh atau makan langsung petai cina, Anda bisa menjadikan lalapan atau bisa juga dimasak bersama sayur lain.



3. Meringankan derita psoriasis.

Penyakit kulit psoriasis memang tidak menular, namun bisa menjalar hampir ke seluruh tubuh dan tidak bisa disembuhkan dengan cepat jika tidak dihentikan. Psoriasis bisa benar-benar menyiksa karena rasa gala, kemerahan, kasar dan kering di kulit.

Nah, untuk bisa meredakan penderitaan psoriasis, Anda bisa memanfaatkan benih atau biji-biji petai cina atau lamtoro ke bagian kulit psoriasis. Biji petai cina dikenal sangat baik meredakan peradangan dan nyeri. Anda cukup menghaluskan petai dan membubuhkan ke kulit atau bisa juga memakannya langsung.

4. Analgesik.

Kulit pohon petai cina juga memiliki kandungan yang baik dalam hal analgesik atau penghilang nyeri. Meski mungkin di Indonesia masih jarang dimanfaatkan, namun di berbagai negara, kulit pohon petai cina dikerat dan dihancurkan untuk diminum agar bisa menghilangkan nyeri otot atau untuk kram saat menstruasi.




5. Pembunuh cacing.

Jika Anda atau anak Anda mengalami cacingan, maka makan petai cina juga bisa sangat membantu penyembuhan penyakit. Ini karena biji petai cina memiliki senyawa yang bisa membunuh cacing. Pengobatan Cina sudah banyak yang memanfaatkannya dan bahkan cacing gelang dan cacing cincin dapat dengan mudah keluar dari tubuh jika Anda makan biji petai cina mentah.

Itulah 5 Khasiat Petai Cina Lamtoro

sumber: vemale.com
editor: obat sakit.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Khasiat Petai Cina Lamtoro"

  1. walau saya orang sunda tapi saya gak begitu suka makan petai

    ReplyDelete

Labels