10 Kandungan dan 5 Khasiat Buah Pisang

Kalau Anda sulit untuk buang BAB, kayaknya buah pisang adalah sangat tepat untuk dikonsumsi selain pepaya. Karena dalam satu buah pisang banyak sekali kandungan seratnya.

Pisang merupakan buah tropis yang menjadi favorit banyak orang. Selain rasanya manis, pisang juga kaya vitamin dan mineral, bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan lezat.


Mengingat kandungan nutrisinya yang kaya, ada baiknya Anda memasukkan buah ini ke dalam daftar buah yang wajib dikonsumsi setiap hari. Berikut adalah 10 kandungan yang ada dalam sebuah pisang yang perlu diketahui:

1. Serat.

Satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Selain menyehatkan saluran cerna, serat juga kita butuhkan untuk menjaga perut terasa kenyang lebih lama.

2. Nutrisi lain.

Ada beberapa jenis mineral dan vitamin yang terkandung dalam pisang, meski jumlahnya kecil, yakni magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A dan E, folat, karoten, serta asam amino.

3. Kalori.

Dengan mengasup sebuah pisang, Anda bisa memuaskan keinginan makan sesuatu yang manis tanpa merusak diet. Satu buah pisang rata-rata mengandung 110 kalori.

4. Lemak dan kolesterol.

Pisang merupakan buah yang bebas lemak dan kolesterol.

5. Potasium.


Buah ini sangat terkenal akan kandungan potasiumnya. Dengan kadar potasium mencapai 400 mg dalam pisang berukuran sedang, buah ini wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Potasium juga diketahui sangat baik untuk fungsi otot dan saraf, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium dalam pisang juga cocok dikonsumsi untuk mencegah kram otot setelah olahraga.

6. Vitamin C.


Sebagaimana buah lainnya, pisang juga kaya akan vitamin C. Satu buah pisang mengandung sekitar 10mg vitamin C atau sekitar 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian.

7. Vitamin B6.


Vitamin B biasanya ditemukan pada produk hewani, tetapi pisang ternyata juga merupakan sumber vitamin B6 yang disebut pyridoxine. Satu buah pisang menyediakan 35 persen dari rekomendasi vitamin B6 harian. Tubuh menggunakan vitamin ini untuk menumbuhkan sel-sel baru.

8. Mangan.

Mangan adalah mineral yang dibutuhkan untuk tulang yang sehat dan metabolisme. Satu buah pisang mengandung 3 mg mangan.

9. Karbohidrat.

Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Makanlah pisang setelah berolahraga untuk mengembalikan energi. Sebuah pisang setelah sarapan juga direkomendasikan untuk menjaga pasokan energi tetap bertahan sampai waktu makan siang tanpa camilan.

10. Mudah dicerna.

Pisang sangat mudah dicerna. Saat Anda sedang menderita penyakit virus atau gangguan pencernaan, pisang sangat cocok sebagai sumber nutrisi tanpa membuat pencernaan bekerja terlalu keras. Pisang yang dilumatkan juga sering dipakai sebagai makanan padat yang diperkenalkan pada bayi.

5 Manfaat dan Khasiat Pisang


Cara makannya yang praktis dan rasanya yang enak membuat pisang menjadi buah yang cukup digemari. Namun tak hanya itu, buah ini juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Misalnya, pisang mengandung potasium yang tinggi, untuk ukuran sedang pisang mengandung 422 miligram mineral tersebut yang mencukupi 12 persen dari kebutuhan sehari. Pisang juga mengandung 3 gram serat yang menimbulkan rasa kenyang dan memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin C dan B6 harian.

Itu saja tidak cukup, pisang juga mengandung sejumlah manfaat lainnya, berikut di antaranya.

1. Pisang mengurangi masalah pencernaan.


Buah ini dapat membantu mengatasi permasalahan-permasalahan pada sistem cerna. Serat yang ditemukan dalam pisang akan terbagi menjadi dua, serat larut dan tidak larut. Serat larut akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sementara serat tak larut akan membantu "membersihkan" sisa-sisa makanan yang terdapat di usus besar sehingga melancarkan buang air besar.

2. Pisang dapat menggantikan minuman olahraga.


Bila terbiasa minum minuman olahraga saat latihan, mungkin sekali-kali Anda bisa menggantinya dengan pisang. Studi di jurnal PLOS ONE menganalisis sampel darah dari 14 pesepeda profesional yang sebagian diberikan minuman olahraga dan sebagian lagi diberi pisang untuk dikonsumsi setiap 15 menit selama latihan 2,5-3 jam. Peneliti menemukan, performa kedua kelompok tidak berbeda, bahkan kelompok yang diberi pisang lebih diuntungkan karena pisang juga dapat memberi mereka antioksidan.



3. Pisang mampu mempercepat laju metabolisme.

Pisang merupakan sumber pati resisten yang membantu tubuh untuk menjadi lebih langsing. Pati resisten dicerna secara lambat sehingga membuat orang yang memakannya kenyang lebih lama. Pati ini juga membuat organ hati lebih banyak membakar lemak.

4. Pisang menjaga tekanan darah tetap normal.


Kandungan potasium dalam pisang dapat meregulasi tekanan darah. Semakin banyak potasium yang dikonsumsi, semakin banyak sodium dikeluarkan oleh tubuh. Ini karena mineral tersebut bersifat diuretik yang memicu ginjal untuk mengeluarkan sodium yang berlebihan sehingga mengurangi tekanan darah. Tekanan darah yang terkontrol memberikan manfaat bagi kesehatan jantung.

5. Baik untuk bakteri usus.

Probiotik atau bakteri "baik" dapat memperbaiki sistem pencernaan yang ditemukan dalam makanan tertentu seperti yogurt. Sementara itu, pisang mengandung nutrisi yang dibutuhkan bakteri "baik" sehingga sistem pencernaan tetap sehat.

sumber: kompas.com
editor: obat sakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Kandungan dan 5 Khasiat Buah Pisang"

Post a Comment

Labels