4 Cara Mencegah Lapar

Stres adalah pemicu utama rasa lapar.

Ketika kita sedang stres, hormon tertentu akan meningkat sehingga kita cenderung mencari sesuatu yang membuat nyaman. Makanan yang mengandung lemak atau gula biasanya adalah sesuatu yang bisa menimbulkan rasa nyaman. Kondisi ini akan terus berulang jika kita tak bisa mengendalikan stres.

Maksud hati membatasi kalori, apa daya perut terus menerus keroncongan. Perut yang cepat lapar kembali walau sudah diisi memang menjadi keluhan banyak orang. Jika diabaikan, kondisi ini bisa membuat kita sulit berkonsentrasi. Tapi jika dituruti, bisa-bisa jarum timbangan terus bertambah.


Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah perut tak mudah lapar.

4 Cara Mencegah Lapar

1. Olahraga
Cukup banyak orang yang justru makan lebih banyak setelah berolahraga. Malah, jumlah kalori yang masuk lebih besar dari yang baru dibakar. Sebenarnya lingkaran ini bisa diputus dengan melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan atau menganggap kegiatan olahraga sebagai sesuatu yang fun.

Cukup banyak aktivitas fisik yang sebenarnya membakar kalori tapi tak terasa "berat" seperti olahraga, misalnya saja menari, berjalan kaki, naik sepeda, berenang, dan masih banyak lagi. Walau kalori yang dibakar tak sebanyak jika Anda berolahraga di gym, tapi jika dilakukan rutin setiap hari tentu hasilnya tak akan mengecewakan.

2. Cukup tidur
Kurang tidur bukan hanya membuat nafsu makan meningkat, tapi juga membuat kita lebih tertarik pada makanan junk food. Penelitian juga menunjukkan, kurang tidur akan membuat kita makan lebih banyak, terutama karbohidrat dan lemak. Jadi, tak ada lagi alasan untuk tak memprioritaskan waktu tidur.

3. Minum air putih
Mengonsumsi cukup air putih telah terbukti bisa menekan nafsu makan. Sebuah studi menunjukkan, orang yang minum 7 gelas perhari mengonsumsi 200 kalori lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang minum air putih satu gelas. Minum segelas air putih sebelum makan juga bisa menjadi trik untuk membuat perut terasa lebih kenyang sehingga asupan makanan berkurang.

4. Makan tepat waktu
Tubuh kita menyukai konsistensi, termasuk makan secara tepat waktu. Cobalah sarapan paling tidak satu jam setelah bangun tidur dan ambil jeda 3-4 jam sebelum makan siang. Makan sesuai waktu makan akan mengurangi keinginan untuk ngemil. Selain itu, perhatikan pula jenis makanan. Selalu konsumsi protein tanpa lemak, lemak nabati (seperti alpukat), dan sedikit porsi pati sehat. Pola makan ini akan membuat tubuh selalu berenergi.

sumber:
health.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "4 Cara Mencegah Lapar"

  1. aku bukan orang yang suka olahraga, aku bukan orang yang cukup tidur, dan aku bukan orang yang selalu makan tepat waktu. tapi aku gak gampang laper kok . :D

    ReplyDelete
  2. saya setuju dengan tulisan Om Obat sakit2011 karena yang sering alamipun demikian adanya. Nah, Tempo hari saya ke dokter dan ia menyarankan makan secukupnya saja jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit, kalo lapar saat sela jam kerja harus makan yang mengandung serat tapi jangan terlalu banyak karbonya agar nanti malam kalo makan karbohidrat biar ndak numpuk kata dokter saya. Barang kali dapat bermanfaat bagi saya pribadi dan pembaca setia blog obatsakit2011 ini

    ReplyDelete
  3. Cuaca dingin juga bisa bikin lapar :D

    ReplyDelete
  4. wah ternyata olahraga juga bisa mencegah lapar ya mas. makasih tipsnya..

    ReplyDelete
  5. ternyat stres pemicu dari itu semua ya mas..
    pantes aja kemrn pas blm tunjangan blm cair..perut hawanya keroncongan mulu...hehe

    ReplyDelete

Labels