10 Tips Mudik Aman Sampai Tujuan

Kecelakaan masih penyebab kematian utama bagi para pemudik. Mengantuk dan ingin cepat sampai ke kampung halaman merupakan faktor utama yang menyebabkan pengendara tidak waspada sehingga kecelakaan tidak dapat dihindarkan.

Hindari membawa barang bawaan berlebihan. Lebih baik barang bawaan khususnya oleh-oleh dipaketkan terlebih dahulu.
Mudik tidak bisa dicegah tapi badan kita juga harus sehat saat lebaran nanti.

Para pengemudi baik kendaraan umum dan pribadi cenderung untuk terus diatas setir dan melupakan waktu untuk istirahat sejenak. Selain kecelakaan lalu lintas, para pemudik juga bisa mengalami kecelakaan karena lengah, misalnya terjatuh, terbentur oleh pemudik lain yang juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Keselamatan pribadi kadang kala terlupakan karena perasaan senang untuk segera sampai di kampung halaman dan bertemu dengan sanak saudara.

10 Tips Mudik Aman Sampai Tujuan:


1. Istirahat cukup sebelum berangkat terutama bagi pemudik yang menggunakan jalan darat, mengingat waktu sampai ketempat tujuan tidak bisa diprediksi.

2. Bagi pemudik yang memang kebetulan membawa kendaraan sendiri, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap membawa kendaraan secara bergantian.

3. Manfaatkan tempat istirahat untuk bisa melakukan olah raga kecil dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan dan leher.

4. Manfaatkan juga tempat istirahat untuk bisa buang air kecil agar jangan sampai menahan kencing yang akan berakibat pada infeksi saluran kencing.

5. Bagi para pemudik yang tetap ingin melakukan ibadah puasa diusahakan agar perjalanan mudik pada saat sehabis buka.

6. Jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan mengingat kualitas makanan dan minuman yang belum tentu terjaga dengan baik karena selalu terpapar dengan panas. Terutama untuk makanan dan minuman rumahan (hand made).

7. Bagi para pemudik yang akan membawa makanan untuk bekal selama perjalanan usahakan membawa makanan kering, jika tetap juga ingin membawa bekal makanan selama perjalanan harus diperhatikan bahwa makanan basah atau nasi dan lauk-pauk yang dibawa tidak dikonsumsi kurang dari 6-8 jam setelah pembuatan.

8. Jangan lupa membawa obat-obatan sederhana antara lain obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat anti mual-muntah khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan serta obat sakit maag.

9. Jangan lupa membawa obat2 rutin dikonsumsi untuk penderita penyakit kronis misal penderita kencing manis, hipertensi, penderita asma, kolesterol tinggi dan asam urat.

10. Mudik pada malam hari merupakan pilihan yang tepat mengingat suhu udara yang lebih dingin dan perjalanan yang lebih lenggang.

sumber:
Dr.dr. H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB, FINASIM,FACP
Staf Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM
Wakil Ketua PB.PAPDI

Gambar:
www.yukpegi.com
pplndubai.org

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "10 Tips Mudik Aman Sampai Tujuan"

  1. bermanfaat banget neh yang mau mudik..

    ReplyDelete
  2. bisa untuk diterapin saat mudik besok nih mas :)

    ReplyDelete
  3. Selamat jalan kepada sobat yang pulang mudik..dan hati2 dijalan... semoga selamat sampai tujuan.....kalau saya kebetulan ga pulang mudik, karena saya memang penduduk Jakarta....

    ReplyDelete

Labels