Kapan Minum Obat Penderita Diabetes Saat Puasa

Pada dasarnya mereka yang hidup bersama diabetes boleh berpuasa seperti biasa asalkan memperhatikan makanan yang diasup seperti biasa ketika berbuka atau sahur.

Di samping itu mereka juga tetap dianjurkan berolah raga. “Waktu yang terbaik untuk berolah raga adalah di sore hari sebelum berbuka puasa,” ungkap Dr. Asep. Pasalnya, bila berolah raga di pagi hari, dikhawatirkan mereka akan kena hipoglikemia. Karena olah raga di pagi hari mengambil cadangan energi yang diperlukan untuk beraktivitas seharian sebelum berbuka puasa.

Sedangkan diabetesi yang mengontrol diabetes dengan satu macam obat bisa tetap menunaikan ibadah puasa namun mereka harus memperhatikan waktu minum obat. Waktu yang dianjurkan minum obat adalah di sore hari untuk mengantisipasi makanan yang diasup ketika berbuka puasa sehingga kadar gula mereka tetap terkontrol.

“Jadi mereka yang biasa minum obat di pagi hari sebaiknya minum obat di sore hari,” sarannya. Kemudian obat yang biasa dikonsumsi siang hari sebaiknya diminum sesudah tarawih. Lalu sehabis makan sahur jangan lupa untuk minum obat lagi.

Untuk diabetesi yang mengontrol kadar gulanya dengan kombinasi obat oral, Dr. Asep menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menunaikan ibadah puasa. “Beberapa dari kombinasi obat oral itu ada perlu dihentikan supaya tidak terjadi hipoglikemia,” katanya. Sementara diabetesi yang mengontrol kadar gulanya dengan suntik isulin dapat berpuasa dengan menyesuaikan jadwal menyuntiknya.

Puasa paling sulit dilakukan oleh diabetesi yang mengontrol penyakitnya dengan beberapa macam obat plus insulin. “Mereka ini tergolong orang yang terlampau sensitif. Kalau makan terlampau sedikit bisa jadi malapetaka karena ancaman hipoglikemia,” paparnya. Sementara itu bila diabetesi jenis ini menghentikan konsumsi obat, kadar gula darahnya langsung naik. Sedangkan bila tidak, kadar gula darahnya terlampau rendah.

Terakhir, ia menyarankan diabetesi untuk mendahulukan buka puasa. “Segera berbuka puasa setelah tiba waktunya. Sedangkan lakukan makan sahur menjelang waktu imsak agar cadangan energi yang tersedia cukup untuk beraktivitas seharian,” ujarnya. Tentu diabetesi tidak boleh melupakan diet yang telah ditentukan untuknya.

sumber:
health.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Minum Obat Penderita Diabetes Saat Puasa"

Post a Comment

Labels