6 Manfaat Bumbu Dapur Manfaat dan Ramuannya

BUMBU dapur tidak hanya menyedapkan masakan namun juga bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit sejak berabad-abad silam.

Riset di jaman moderen membuktikan bahwa bumbu dapur memang punya kualitas menyembuhkan.

Glen Aukerman, MD, direktur medis the Center for Integrative Medicine di Ohio State University Medical Center, AS dan Ruth Knill, PhD, LAc, seorang ahli herbal timur memilih jenis herbal berikut yang bisa memperbaiki kesehatan kita secara umum. Ada juga cara memanfaatkan bumbu dapur itu dalam keseharian.

1. Jahe
Manfaat : Mencegah mual dan muntah
Kedokteran Cina sejak abad keempat sudah tahu kandungan antimual yang terdapat dalam jaahe. Uji klinis moderen juga membuktikan ada kandungan antimual dalam jahe. Kandungan antimual itu menutup reseptor saraf di dalam tubuh yang memicu reflek muntah di tubuh kita.

Ramuan
Parut jahe menjadi kurang lebih satu sendok makan lalu ambil sarinya.
Bisa juga membuat minuman wedang jahe saat badan terasa tak enak atau mual.




2. Kayu manis
Manfaat : Mengendalikan diabetes
Mereka yang memiliki diabetes tipe dua kesulitan memproses insulin, hormon yang memerintahkan sel untuk membuang kelebihan gula dari aliran darah. Namun studi moderen membuktikan bahwa kayu manis mengandung zat yang bisa membantu sel merespon insulin. Dengan kayu manis, sebuah studi di Pakistan membuktikan terjadi penurunan kadar gula darah hingga rata-rata 18-29 persen sehari.

Ramuan
Untuk mendapatkan manfaatnya mengatur gula darah, konsumsi sebatang kayu manis sehari. Bisa juga mengonsumsi seperempat hingga setengah sendok teh bubuk kayu manis sehari. Bubuk atau batang ini bisa dicampurkan dengan minuman teh hangat kita sehari-hari.

3. Bawang putih
Manfaat : Menurunkan kolesterol
Meskipun ada peneliti yang belum setuju keefektifan bawang putih dalam menurunkan kolesterol, kajian beberapa studi oleh Linus Pauling Institute menemukan orang yang mengonsumsi bawang putih selama tiga bulan mengalami penurunan kolesterol total antara enam sampai 11 persen.

Ramuan
Ambil tiga hingga lima siung bawang putih lalu ditumbuk dan dikonsumsi. Bisa juga bawang putih dibakar dan dikonsumsi.



4. Pala
Manfaat: Menurunkan tekanan darah
Pala bisa membawa darah dari pusat tubuh menuju kulit. Ini membantu darah beredar secara merata ke seluruh tubuh dan tekanannya jadi berkurang.

Ramuan
Setengah hingga satu sendok teh setiap hari.

5. Cengkeh
Manfaat : Membantu nyeri arthritis
Menurut pengobatan tradisional Cina, cengkeh memiliki kandungan panas yang meringankan nyeri arthritis yang disebabkan oleh dingin. Cengkeh mengandung fitokimia yang mengganggu protein di dalam tubuh yang menyebabkan radang arthritis.

Ramuan
Setengah sendok teh setiap hari.

6. Kunyit
Manfaat : Meringankan radang
Kunyit mengurangi radang di dalam tubuh yang menyebabkan nyeri. Curcumin yang ada di dalam kunyit bekerja dengan menghalangi enzim sel yang menyebabkan radang.

Ramuan
Setengah hingga satu sendok teh setiap hari.

sumber:
health.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "6 Manfaat Bumbu Dapur Manfaat dan Ramuannya"

  1. pernah pakde nyoba bawang putih, pakde kunyah satu siung bawang putih, tahu hasilnya pakde mengalami masalah perut (mencret), tapi lama lama baik juga

    ReplyDelete
  2. iya, aku juga pernah goreng nasi pake bawang putih dibanyakin, langsung mencret

    ReplyDelete