5 Penyebab Gusi Berdarah saat Menggosok Gigi

Tahukah Anda? Melihat darah saat menyikat gigi merupakan tanda awal bahwa anda memiliki masalah gusi.

Biasanya, darah tersebut seringkali terlihat usai Anda menyikat gigi atau setelah membersihkan makanan yang menyangkut dengan benang gigi.

Tak sedikit yang mengira bahwa gusi berdarah terjadi saat seseorang menyikat gigi terlalu keras. Padahal gusi berdarah disebabkan oleh penyebab lain seperti.

5 Penyebab Gusi Berdarah saat Menggosok Gigi


1. Penumpukan Plak

Plak gigi terdiri dari berbagai mikroorganisme yang dapat terbentuk di mana saja pada lapisan gigi dan gusi. Plak yang menumpuk di bawah garis gusi dikenal sebagai gingivitis. Ini merupakan salah satu penyebab utama masalah gusi berdarah.Banyak penderita gingivitis yang mengabaikan masalah ini karena umumnya tidak terasa sakit.

2. Merokok

Gusi perokok cenderung lebih rentang terhadap infeksi. Hal tersebut disebabkan oleh tembakau yang dapat menyebabkan berkurangnya oksigen di aliran darah, sehingga dapat menghambat aliran darah serta nutrisi ke jaringan gusi. Keadaan inilah yang akan melemahkan mekanisme pertahanan tubuh, dan membuat gusi menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

3. Pola Makan

Pola makan yang buruk merupakan salah satu pemicu kesehatan mulut yang buruk. Sebaliknya, pola makan yang baik mencerminkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan yang baik juga. Anda pun akan terhindar dari permasalahan kesehatan yang buruk, termasuk kesehatan mulut.

4. Kehamilan

Memasuki bulan kedua atau ketiga kehamilan, ibu hamil biasanya lebih rentang mengalami masalah gusi berdarah. Perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan akan meningkatkan risiko gusi berdarah. Umumnya, tingkat keparahan akan meningkat selama bulan kedelapan.

5. Diabetes

Penderita diabetes memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah, dikarenakan adanya kelainan metabolik yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Akibatnya, bakteri akan tumbuh lebih cepat, dan infeksi pun akan lebih mudah terjadi. Jadi, bila Anda menderita diabetes, lakukan perawatan mulut secara tepat dan menyeluruh.

Untuk mencegah maupun merawat masalah gusi berdarah, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu. Jangan ragu-ragu untuk menceritakan setiap kebiasaan atau keluhan Anda, agar dokter gigi Anda bisa melakukan penanganan yang tepat serta memberitahukan langkah-langkah perawatan gusi yang sesuai dengan kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda. Dokter gigi menyarankan agar menggunakan pasta gigi khusus untuk perawatan gusi.

sumber:
health.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Penyebab Gusi Berdarah saat Menggosok Gigi"

Labels