5 Lokasi Makan yang Bisa Bikin Gemuk

Bukan hanya jenis makanan dan camilan yang bikin kita jadi gemuk.

Waktu dan tempat kadang juga membuat kita mengonsumsi tambahan kalori.

Untuk menghindari kenaikan berat badan, hindari mengunyah di tempat-tempat ini.

5 Lokasi Makan yang Bisa Bikin Gemuk:

1. Di mobil

Makan sambil naik mobil cenderung tidak sehat. Makanan yang dibeli di drive through dan siap disantap cenderung tinggi kalori. Ketika makan sambil menyetir, kita melahap makanan cepat-cepat. Kita juga cenderung memperhatikan jalanan daripada memperhatikan makanan yang kita telan.

Jika terpaksa makan di mobil, siapkan sendiri makanan dari rumah. Menyiapkan makanan sendiri membuat kita tahu jumlah kalori yang kita konsumsi.

2. Di dapur


Ketika di dapur untuk mencari camilan, kita dikelilingi makanan. Tak heran kalau kita makan lebih dari yang diharapkan. Hal paling parah dari makan di depan kulkas adalah kita tak bisa menahan diri menghabiskan camilan di depan mata.

Jika lapar dan ingin makan camilan, siapkan satu porsi di mangkuk dan duduklah di meja untuk menikmatinya.

3. Di depan TV

Mungkin Anda sudah merasakan sendiri bahwa iklan di TV menaikkan nafsu makan dengan cepat. Iklan piza keju, chicken wings, hamburger pasti bikin ngiler dalam hitungan detik. Tak heran jika kemudian Anda pergi ke dapur untuk membuka pintu kulkas. Bisa juga langsung menelepon untuk memesan makanan cepat saji.

Sebenarnya boleh-boleh saja Anda makan di depan TV. Pastikan saja agar makanan yang disantap terukur jumlah kalorinya. Simpan sisa camilannya di dapur.

4. Di meja kerja

Kebiasaan makan di meja kerja sulit dihilangkan, terutama buat pekerja yang sangat sibuk. Keburukan makan di meja kerja sama buruknya dengan makan sambil menyetir dan makan di depan TV. Kesibukan membuat kita tak memperhatikan makanan yang disantap dalam waktu yang relatif cepat. Ketika kita makan dengan cepat dan tak memperhatikan makanan, otak tak mencatat makanan yang disantap. Alhasil, Anda tak merasa kenyang setelah makan.

5. Di tempat tidur


Makan di tempat tidur cenderung membuat kita makan berlebihan dan membuat tempat tidur jadi kurang bersih untuk tidur. Makanlah sampai terasa kenyang di meja makan. Jika perlu, makanlah semangkuk buah beberapa jam sebelum tidur untuk menghindari kelaparan di tengah malam.

sumber:
health.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Lokasi Makan yang Bisa Bikin Gemuk"

Post a Comment

Labels