4 Minuman Pereda Sakit Tenggorokan

Perubahan cuaca yang ekstrem, disertai hujan turun tak menentu, dapat menjadi penyebab sakit tenggorokan.

Untuk meredakan sakit tenggorokan, buatlah minuman  dengan beberapa bahan yang ada di sekitar rumah.

4 Minuman Pereda Sakit Tenggorokan:

1. Teh Herbal
Salah satu obat sederhana pereda sakit tenggorokan adalah teh herbal. Teh herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit tenggorokan di antaranya teh hijau, teh lemon, maupun teh chamomile.

2. Madu dan Lemon
Salah satu resep kuno yang patut dicoba adalah campuran lemon dan madu. Caranya, ambil satu sendok teh atau 5 ml madu, 5 ml air lemon, dan 5 ml air jahe. Ini akan membantu mengencerkan lendir dan meredakan tenggorokan sakit.

Madu dan lemon juga dapat dibuat menjadi minuman teh lemon dengan madu. Caranya, campur dua sendok teh madu, satu sendok teh air perasan lemon ke dalam 250 ml air panas. Anda dapat menambahkan satu sendok teh gula jika berkenan.

3. Teh Cayenne Pepper
Teh Cayenne Pepper adalah obat tradisional populer untuk meredakan sakit tenggorokan. Cara membuatnya, campur satu bagian teh lemon, teh peppermint, perasan satu buah lemon, 1 – 2 sdt madu, dan setengah sdt bubuk cabai hingga memenuhi satu panci kecil. Hangatkan campuran, lalu aduk rata dan minum selagi hangat.

4. Susu Kayu Manis
Meredakan sakit tenggorokan dapat dilakukan dengan meminum susu kayu manis. Cara membuatnya, campur 250 ml susu tawar dengan seperdelapan sdt baking soda, 1 sdm gula pasir, 1 sdt madu, dan setengah sdt kayu manis. Aduk rata kayu manis, gula pasir, dan baking soda, baru tambahkan susu, dan aduk kembali hingga 1 menitan. Panaskan di atas kompor dengan api kecil hingga hangat (jangan sampai mendidih). Tambahkan madu setelah susu hangat dan akan dihidangkan.

sumber:
health.kompas.com
www.centroone.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "4 Minuman Pereda Sakit Tenggorokan"

  1. wah waktu lihat madu dan lemon di atas, jadi ingat waktu ishmah ujian praktek :)

    ReplyDelete