2 Cara Efektif Redakan Cegukan

Hampir setiap orang pernah mengalami cegukan.

Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya, namun cukup memalukan untuk mengalami cegukan di saat Anda harus menghadapi pertemuan penting atau berada di keramaian bukan?

Sayangnya, cegukan seringkali datang tiba-tiba tanpa diduga. Itulah kenapa Anda perlu mengetahui cara untuk menghentikannya dengan segera.

Cegukan sejatinya terjadi saat ketika diafragma, otot di dasar paru-paru, mengalami kejang. Kekejangan itu menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara keras cegukan.

Salah satu cara yang paling efektif
untuk menghentikan cegukan adalah dengan menelan satu sendok gula. Ini karena saat menelan gula yang lengket, irama bernapasan akan berubah sehingga cegukan pun akan berhenti. Sensasi manis yang ditimbulkan dari gula juga dapat membuat cegukan berhenti.

Selain itu, tak jarang saat cegukan datang, orang di sekitar mengagetkan Anda untuk menghentikannya. Upaya itu ternyata bukan hanya mitos, karena pada dasarnya kejutan dapat mengagetkan saraf vagus dan cegukan pun terhenti. Kejutan juga dapat mengalihkan perhatian Anda artinya sistem saraf juga terdistraksi.

Cara lain
yang bisa digunakan adalah menjulurkan lidah sepanjang-panjangnya untuk merangsang tenggorokan yang berhubungan dengan saluran hidung untuk menghentikan cegukan. Menutup telinga dengan jari, menahan napas, dan minum air tanpa bernapas juga membantu mengatasinya dengan cepat.

Menurut kompas.com begitu, tapi admin sendiri sudah mencobanya namun tetap saja masih cegukan.

sumber:
health.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "2 Cara Efektif Redakan Cegukan"

  1. Kita mengetahui cegukan disebabkan karena kekurangan air pada saat tertentu, itu yang pernah saya baca di koran BaliPost. Namun ada referensi yang lain saya senang sekali ada tambahan informasi. Oia Sob, ada kirim kado lewat emailmu,ya. Tulung dicek,y. Trm ksh.

    ReplyDelete
  2. cara lain adalah dengan tiduran dengan punggung diberi bantal sampai cegukan hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, Pakde Sulas sudah memberikan solusi yang lain. yah, semoga artikel ini bermanfaat kelak bagi pembacanya.

      Delete