Usia Berapa Tahun Wanita Indonesia Menopause

Dokter Soehartono yang memberi seminar bertepatan dengan ulang tahun ke-24 Rotary Club Surabaya Kaliasin menjelaskan, seharusnya menopause tidak menjadi momok.

Perempuan bisa terhindar dari masalah itu bila selalu memiliki pikiran yang positif dan tetap aktif berkegiatan.
Menopause harus dianggap sesuatu yang alami. Jadi tidak perlu takut.

Berpikir optimistis juga akan memberi semangat dan energi baik. Dengan begitu, tubuh senantiasa fit dan bugar. Kepada puluhan anggota klub yang hadir, Soehartono menyatakan bahwa kondisi tersebut dapat diatasi lewat terapi sulih hormon. Saat menopause, hormon estrogen akan berkurang. Memberikan tambahan estrogen ke tubuh bakal mengurangi keluhan yang terjadi.

Di Indonesia, awal menopause dialami pada usia 47 tahun hingga 49 tahun.

Prof dr H Soehartono Ds SpOG KFER, spesialis obstetri RSUD dr Soetomo, menuturkan, meski menopause merupakan suatu proses alami tubuh, ada cara untuk menghindari dampak perubahan kondisi tersebut.

Ketua Rotary Club Surabaya Kaliasin Asna Taufik mengungkapkan, pada usianya yang lebih dari setengah abad, hampir tidak pernah dirinya merasakan masalah yang mengiringi menopause.

Mungkin karena sering beraktivitas dan selalu positive thinking.

sumber:
jpnn.com
www.beautyofbeauty.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Usia Berapa Tahun Wanita Indonesia Menopause"

  1. Awalnya saya sendiri kurang memahami Monopause itu apa ? Saya sering bertanya-tanya apakah pria bisa monopouse juga...? Apakah gejala-gejala Monopuse itu sendiri dan efek bagi mereka ?

    ReplyDelete

Labels