Sering Mumet Sakit Apa

KEBANYAKAN orang seringkali menjadi dokter diri sendiri atau mendiagnosis, dan memutuskan untuk minum obat tanpa berkonsultasi ke dokter.

Salah satunya adalah ketika sedang pusing, banyak orang yang langsung minum suplemen zat besi padahal mungkin tidak diperlukan.

Mengkonsumsi suplemen zat besi sembarangan dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap mineral seperti kalsium. Selain itu, kebiasaan buruk ini juga dapat menyebabkan efek samping seperti sembelit, mual, muntah dan diare.

"Kelelahan memang merupakan gejala kekurangan zat besi yang sering muncul. Meskipun demikian, tidak berarti kelelahan berarti kekurangan zat besi," kata Dr. Joe Kosterich, seperti dilansir laman ABC.net.au,Jumat (2/5).


Meskipun anda merasa minum suplemen zat besi memberikan pengaruh positif, namun anda perlu mempertimbangkan kemungkinan penyebab anda mengalami kelelahan. Bisa jadi alasan kelelahan adalah karena stres atau sering bergadang.

"Jika kelelahan berlangsung selama lebih dari beberapa minggu dan anda tak menemukan penyebabnya, anda harus langsung ke dokter. Biasanya dokter akan mencari tahu riwayat medis dan gaya hidup anda, kemudian merujuk tes darah untuk menemukan apakah anda memang mengalami kekurangan zat besi atau ada hal lain," pungkas Dr. Kosterich.

Sebagai informasi, sumber makanan kaya zat besi yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kadarnya tetap normal adalah daging merah, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, buah-buahan kering, sereal dan roti.

sumber:
jpnn.com
treeoflifehealthcenter.com
migralex.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sering Mumet Sakit Apa"

  1. akhir-akhir ini saya mengalami hal yang seperti ini, ternyata kekurangan zat besi ya, makasih nih infonya :)

    ReplyDelete

Labels