Salah Duduk di Toilet Bisa Sebabkan Kanker Serviks

Saat lagi kebelet, tak peduli toilet jongkok atau duduk, yang penting bisa langsung plong.

Tapi, ternyata tak sedikit perempuan yang keliru dalam menggunakan toilet, terutama jenis toilet duduk. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara penyebaran human papillomavirus (HPV), penyebab kanker serviks.

Hal tersebut disampaikan Bambang Heriyanto, mentor GPKSI (Gerakan Pencegahan Kanker Serviks Indonesia). Di hadapan puluhan perempuan yang menjadi peserta seminar awam di ruang serbaguna perpustakaan Bank Indonesia Selasa (27/5), dia menjelaskan cara benar ke toilet. Sederhana, namun dapat menyelamatkan perempuan dari risiko kanker serviks.

Saat masuk toilet jangan langsung duduk.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, dudukan pada toilet duduk berisiko terpapar virus dan kuman. Tanpa disadari, virus HPV yang bersumber dari pengguna toilet sebelumnya dapat singgah di dudukan toilet tersebut.

Virus itu bisa menempel pada bagian pantat dan masuk ke vagina. Itulah yang bisa menjadikan seseorang terkena kanker serviks. Untuk mencegahnya, lebih baik bersihkan dahulu dudukan toilet. Bisa dengan air, tisu, atau cairan antiseptik khusus toilet. ”Setelah dibersihkan, keringkan,” katanya.

Selain itu, dia menyarankan untuk menggunakan air mengalir atau yang berasal dari keran air ketika membasuh area kewanitaan. Penggunaan air yang tertampung di bak mandi sangat berisiko tercampur dengan virus dan kuman. ”Tangan yang dipakai untuk membasuh organ genital kan juga dipakai untuk mengambil air dengan gayung. Nah, air dalam bak bisa terkontaminasi,” jelasnya.

Acara itu diselenggarakan Kagumi (Ikatan Wanita Gemuk Indonesia) dan Kombes (Komunitas Besar) Surabaya. Bebbie Ungsi, salah seorang anggota komunitas itu, menuturkan bahwa dirinya sangat aware pada kasus kanker serviks. Dia juga menerapkan kiat sehat terhindar dari virus ketika seorang temannya menderita kanker serviks.

Sejak saat itu Bebbie jadi sangat berhati-hati saat berada di toilet. Salah satunya, memperhatikan cara duduk di toilet. ”Saya kalau ke toilet sampai harus setengah berdiri. Supaya tidak kena dudukan toiletnya,” ungkapnya.

Memang dibutuhkan cukup usaha. Terlebih dengan ukuran tubuhnya yang big,jadi sedikit menyusahkan ketika harus BAK dengan setengah berdiri. Namun, dia mengakui, hal tersebut tak jadi soal. Yang penting meminimalkan potensi penyebab penularan HPV.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Salah Duduk di Toilet Bisa Sebabkan Kanker Serviks"

Post a Comment

Labels