Pria Hati-Hati Memilih Gaya Hidup

BAGI anda para pria, hati-hati memilih gaya hidup.

Salah sedikit, anak andalah yang kena getahnya.

Salah satunya kebiasaan merokok yang dilakukan pria, apalagi jika ini sudah menjadi kebiasaan sejak kecil.

Sebuah studi menemukan hal mengejutkan, pria yang sudah mulai merokok sebelum usianya genap 11 tahun, berisiko menghasilkan anak laki yang rentan kena obesitas atau kegemukan.

Peneliti mendapatkan kesimpulan ini setelah mengamati gaya hidup, kondisi genetik dan data kesehatan lainnya dari 9.886 ayah di Inggris. 5.376 Ayah atau 54 persen di antaranya hanya perokok musiman namun 166 atau 3 persen lainnya mengaku mulai menghisap tembakau sebelum remaja.

Kemudian peneliti mengamati kondisi fisik anak-anak mereka, terutama di usia 13, 15 dan 17 tahun. Ternyata di usia-usia tersebut, anak dari pria yang merokok sebelum remaja terbukti memiliki indeks massa tubuh (BMI) paling tinggi bila dibandingkan dengan anak-anak dari pria yang merokok ketika sudah dewasa atau tak pernah merokok sama sekali.

"Terlihat jelas anak-anak ini memiliki massa lemak yang paling tinggi. Lemak ekstranya sampai berkisar antara 5 hingga 10 kg ketika usia mereka menginjak 13 dan 17 tahun," kata peneliti Marcus Pembrey, seperti dilansir laman Reuters, Kamis (8/5).

Peneliti menduga paparan rokok sebelum seorang pria memasuki masa puber bisa jadi mengakibatkan perubahan kondisi metabolik keturunannya.

"Terutama epigenetiknya (proses di mana faktor gaya hidup dan lingkungan dapat menyalakan atau mematikan gen tertentu) yang kemudian memberikan dampak tersendiri pada kesehatan keturunannya," pungkas Pembrey.

Uniknya, peneliti tidak menemukan efek yang sama pada anak perempuan.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pria Hati-Hati Memilih Gaya Hidup"

Post a Comment

Labels