Manfaat Melompat-Lompat Setiap Hari

SALAH satu cara untuk menjadi sehat adalah dengan rajin melakukan aktivitas fisik.

Jika anda seringkali sibuk dan tidak punya cukup waktu, anda bisa melompat setiap hari karena terbukti mampu membuat tulang anda menjadi kuat.



Studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal American Journal of Health Promotion ini menyebutkan bahwa melompat 20 kali sehari memberikan manfaat sehat untuk tulang yang lebih besar jika dibandingkan dengan berlari atau joging.

Pembagian lompat 20 kali ini dibagi menjadi dua bagian, yang masing-masing dilakukan sebanyak 10 kali dengan jeda 30 detik per lompatan. Dalam membuktikan teori tersebut, 60 wanita premenopause berusia 25 hingga 50 tahun secara signifikan mengalami peningkatan kepadatan mineral tulang pinggulnya sebanyak 0.5 persen dengan melompat 20 kali sehari.



"Dianjurkan untuk melompat setinggi mungkin dari lantai. Tidak perlu memakai sepatu atau alas kaki lainnya," kata peneliti Larry Tucker, PhD, seperti dilansir laman Prevention, Rabu (7/5).

Kepadatan tulang meningkat paling cepat selama masa remaja dan akan melambat seiring pertambahan usia. Sekitar 5 hingga 7 tahun setelah menopause, wanita dapat kehilangan kepadatan tulang hingga 20 persen atau lebih.

"Wanita harus melompat setiap hari untuk mendapatkan manfaat sehatnya. Selain itu, perlu diingat bahwa wanita lebih sulit untuk meningkatkan kepadatan tulang jika usianya sudah menua," kata Tucker lebih lanjut.

Meskipun demikian, Tucker menegaskan bahwa latihan ini sebaiknya tidak dilakukan pada wanita dengan osteoporosis karena justru dapat membahayakan tulangnya. Latihan melompat ini akan jauh lebih baik jika dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap osteoporosis.

sumber:
jpnn.com
boralginmages.appspot.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Melompat-Lompat Setiap Hari"

  1. saya sering melakukan lompatan sebagai relaksasi pada saat jelang pagi hari,,,
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete

Labels