Informasi Kesehatan di Wikipedia Patut Diwaspadai

Ensiklopedia online populer, Wikipedia, seringkali menjadi rujukan informasi bagi publik tentang banyak hal.

Namun, jangan sembarang mempercayai informasi tersebut, khususnya tentang artikel kesehatan.

Pasalnya, sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan di Amerika mendapati, adanya kesalahan dalam sejumlah entri kesehatan di Wikipedia. Bahkan sembilan dari 10 input seputar kesehatan salah sehingga harus disikapi dengan hati-hati.


Para ilmuwan Amerika membandingkan informasi tentang kondisi seperti penyakit jantung, kanker paru-paru, depresi dan diabetes dengan penelitian medis. Mereka menyatakan sebagian besar artikel di Wikipedia terdapat banyak kesalahan.

"Untuk masalah kesehatan sebaiknya berbicara dengan dokter terlebih dahulu ," ujar Dr Robert Hasty Wallace School of Osteopathic Medicine, North Carolina, seperti dilansir BBC, (27/5).

Ensiklopedi online merupakan situs yang memiliki 30 juta artikel dalam 285 bahasa dan bisa diakses secara gratis. Dapat diedit oleh siapa saja, untuk memasukkan atau mengkoreksi artikel.

Hingga kini sekitar 70 persen dari dokter dan mahasiswa kedokteran menggunakan ensiklopedia itu.

Stevie Benton, Wikimedia UK, mengatakan terkait hal itu telah muncul sejumlah inisiatif untuk membantu meningkatkan kualitas artikel, terutama dalam kaitannya dengan kesehatan dan obat-obatan.

Situs amal ini memiliki sebuah proyek bersama relawan editor Wikipedia dengan pengetahuan medis untuk mengidentifikasi artikel yang perlu perbaikan dan menemukan sumber-sumber kredibel. Di samping membuat entri yang lebih akurat dan lebih mudah dibaca.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Informasi Kesehatan di Wikipedia Patut Diwaspadai"

  1. Informasi dari wikipedia jangan langsung dipercaya karena bisa diinput siapa aja.

    ReplyDelete