Anak Penderita Autis Bisa Kembali Normal

ANAK penderita autis tak selamanya seperti itu. Autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang dialami sejak lahir ataupun saat masa balita.

Jika ditangani dengan tanggap dan tepat, maka mereka juga bisa beraktualisasi sama seperti anak-anak lainnya.

Hal ini mencuat pada seminar dan talkshow tentang autis yang mengangkat tema Mengenal, Mengatasi dan Menata Masa Depan Anak Autis yang diselenggarakan oleh Klinik Autis Buah Hatiku, di Hotel Swiss-BeLinn, Sabtu (3/5).

Koordinator Terapis Perilaku Klinik Buah Hatiku, Samsul Ariadi, mengungkapkan, sudah ada beberapa anak yang berhasil ditangani sehingga kini sudah bisa bersekolah di sekolah umum. Aldo misalnya. Dulunya ia merupakan murid sekolah reguler pianisis di Klinik Buah Hati.

Seminar dan talkshow ini merupakan rangkaian Hari Peduli Anak Autis se- Indonesia yang diperingati 2 April lalu. Pembicara yang dihadirkan yakni pakar autis Indonesia, Dyah Puspita. Dyah berbicara di depan para orang tua anak autis, terapis, guru-guru, dosen, dan para pemerhati anak autis.

Kegiatan ini juga dimaksudkan agar orang tua dan masyarakat bisa memahami serta mengenali ciri-ciri anak autis. Mereka juga bisa diharapkan mampu mengatasinya.

Wali Kota Makassar terpilih, Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto (DP) menilai, autis sebagai salah satu penyakit yang cukup misterius. Penyebabnya tidak diketahui namun itu banyak terjadi di masyarakat. Persoalan utamamya terletak pada ketidaktahuan oleh orang tua terhadap anak autis.

Untuk mengidentifikasi penyakit ini, bagi saya pemerintah ke depan harus mengintervensi beberapa hal. Paling tidak menfasilitasi penderita autistik ini dan penderita-penderita penyakit misterius lain.

Misalnya, kata dia, penyakit lumpuh layu dibuatkan suatu wadah health center khusus. Bisa juga puskesmas khusus yang menangani anak-anak yang berkebutuhan khusus seperti ini.

sumber:
jpnn.com
rumahsakit.unair.ac.id
anneahira.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Anak Penderita Autis Bisa Kembali Normal"

  1. Untuk mengatasi Autis coba banyak mengkonsumsi sari kedelai, insya Allah

    ReplyDelete