5 Fakta Tentang Sleepwalking atau Tidur Berjalan

BANYAK orang yang masih mengira sleepwalking atau kebiasaan tidur samil berjalan merupakan sesuatu yang langka.

Padahal sebuah studi menemukan jumlah penderitanya bisa jadi lebih banyak dari yang dikira selama ini.

Setelah mengamati lebih dari 19.000 orang dewasa di Amerika, peneliti menemukan hampir 30 persen di antaranya pernah mengalami tidur sambil berjalan atau sleepwalking. Namun hanya satu persen partisipan yang mengalami satu-dua episode sleepwalking tiap bulannya.

Fakta kedua yang ditemukan peneliti adalah sleepwalking sebenarnya lebih banyak ditemui pada anak-anak ketimbang orang dewasa. Studi sebelumnya juga sepakat dengan hal ini dan menyatakan ada 30 persen anak yang mempunyai kebiasaan sleepwalking ini.

Fakta ketiga, tidak ada perbedaan yang berarti antara kebiasaan sleepwalking pada pria maupun wanita, tapi perilaku ini dipastikan makin berkurang saat seseorang beranjak dewasa. Kecuali bagi mereka yang masih mengalaminya minimal seminggu sekali.

Fakta keempat atau dugaan peneliti, ini ada kaitannya dengan riwayat keluarga dan faktor genetik. Sebab 11,4 persen partisipan yang mengaku sebagai sleepwalker mempunyai setidaknya satu saudara yang memiliki kebiasaan serupa. Begitu juga dengan partisipan yang mengaku setahun sebelumnya pernah mengalami sleepwalking, sebagian besar memiliki riwayat keluarga dengan sleepwalking.

Fakta kelima, setelah mengamati konsumsi obat partisipan, peneliti menemukan partisipan yang mengonsumsi salah satu jenis antidepresan yaitu SSRI (selective serotonin reuptake inhibitor) berpeluang tinggi untuk mengalami sleepwalking, sedikitnya sekali dalam setahun. Akan tetapi mereka yang mengonsumsi obat tidur yang dijual bebas berpeluang lebih besar untuk sleepwalking, hingga sedikitnya dua kali dalam sebulan.

Namun perlu diingat bahwa hasil studi ini hanya didasarkan pada ingatan partisipan, dan peneliti tidak memastikan perilaku sleepwalking partisipan dengan melakukan pengamatan secara langsung. Karena peneliti percaya sebagian orang, terutama yang hidup sendiri biasanya juga mengalami sleepwalking meski tidak menyadarinya.

sumber:
jpnn.com
www.crystalinks.com
www.healthguidance.org

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "5 Fakta Tentang Sleepwalking atau Tidur Berjalan"

  1. Terima kasih atas info yang anda berikan.Semoga saya tidak mengalami sleepwalking. Sukses selalu!

    ReplyDelete
  2. Nice post. Thanks for good information-SleepWalking. Good luck!

    ReplyDelete
  3. Ngeri kalo jalan masuk kamar tetangga... Salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete

Labels