4 Tips Agar Tetap Semangat di Awal Pekan

Menonton tivi atau menggunakan komputer, ponsel, dan perangkat elektronik lain di kamar tidur bisa membuat anda tidur larut malam padahal anda harus mendapat waktu tidur yang cukup.

Penelitian terbaru menunjukkan cahaya biru dari layar komputer bisa menekan hormon melatonin yang membuat seseorang merasa ngantuk. Menanggapi hal ini, dokter kesehatan tidur Dr. Keith Wong memperingatkan bahwa kurang kurang bisa mengganggu kemampuan memecahkan masalah, suasana hati, imunitas, hingga reaksi seseorang terhadap kejadian di sekitarnya.


Diakui Prof Bruck, jam tidur tiap orang memang dipengaruhi gen. Namun, rutinitas tidur yang stabil pun turut mempengaruhi.

Untuk memprogram ulang tubuh agar selaras atau minimal membantunya tetap selaras, Prof Bruck membagikan beberapa tips sebagai berikut.

4 Tips Agar Tetap Semangat di Awal Pekan


1. Dapatkan sinar matahri sesaat setelah anda bangun tidur. Sebab, cahaya yang terang akan menekan kadar melatonim dan mengatur ulang jam tubuh. Usahakan tidak menggunakan sinar lampu.
2. Lakukan kegiatan yang menenangkan sebelum tidur misalnya mandi air hangat atau membaca cerita yang menenangkan sekaligus untuk menginduksi rasa kantuk.
3. Jangan lakukan kegiatan berlebihan di akhir pekan yang bisa membuat jam tidur anda terganggu.
4. Orang dewasa menurut The Australian Sleep Association setidaknya perlu waktu tidur 6,5 hingga 8,5 jam sedangkan untuk remaja dan anak usia 9 hingga 12 tahun membutuhkan waktu tidur sembilan jam.

Tidur sama pentingnya dengan makan sehat dan olahraga maka dari itu aturlah waktu tidur anda sebaik mungkin.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "4 Tips Agar Tetap Semangat di Awal Pekan"

  1. Boleh juga nih dicoba biar tetep semangat meski banyak utang hehehe... Salam dr Pulau Dollar

    ReplyDelete
  2. awal pekan biasanya males banget :)

    ReplyDelete

Labels