Menikah Bikin Wanita Bertambah Gemuk

Menikah memang bisa jadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan kekasih.

Tapi khususnya bagi wanita, selain menjadi hal yang membahagiakan, pernikahan juga bisa membuat berat badan Anda bertambah.

Sebuah studi di Universitas Flinders di Adelaide, Australia yang menemukan bahwa dalam enam bulan pertama pernikahan, wanita hampir bobotmua sebanyak lima kg. Bahkan, mempelai wanita yang mati-matian diet sebelum hari pernikahan, bobotnya mendekati angka paling berat saat pertengahan pertama tahun pernikahannya.

Selain itu, studi yang mengamati hampir 350 pengantin wanita ini menunjukkan setengah dari wanita yang ingin menurunkan berat badan sebelum pernikahan, berat badannya rata-rata tidak berubah. Namun, enam bulan setelah menikah berat badan mereka rata-rata bertambah 2,1 kg.

"Perubahan pasca menikah mungkin menjadi faktor penting untuk image tubuh para pengantin baru. Sehingga, mereka perlu memperhatikan perubahan tubuhnya dan berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan," kata peneliti dalam laporannya, seperti dilansir laman Daily Mail, Sabtu (12/4).

Studi ini menemukan satu dari tiga pengantin mengaku diminta menurunkan berat badannya oleh pasangan atau keluarganya sebelum menikah dengan target sembilan kg. Namun, mereka yang berhasil menurunkan bobot, justru dalam enam bulan setelah menikah berat badannya bertambah 3,2 kg.

Bahkan, wanita yang lebih banyak mendapat tekanan agar baju pengantinnya bisa pas, cenderung menambah bobotnya 4,5 kg. Oleh karena itu, peneliti menganjurkan para wanita untuk mencatat berat badannya sebelum dan sesudah menikah untuk mengetahui apakah mereka mengalami penambahan berat yang signifikan.

"Secara umum, kenaikan berat badan pasca menikah memang umum. Sebab, wanita merasa tidak harus mempertahankan bentuk tubuhnya demi baju yang pas dan hasil foto yang bagus. Apalagi, mereka merasa sudah berhasil mendapatkan pasangan hidup," kata para peneliti dalam laporannya yang diterbitkan dalam jurnal Body Image ini.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menikah Bikin Wanita Bertambah Gemuk"

Post a Comment