Khasiat Secangkir Kopi

KOPI telah menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk menunda rasa kantuk.

Namun tidak banyak yang tahu manfaat lainnya, khususnya bagi otak. Menurut penelitian, secangkir kopi tiap hari bisa memperkuat ingatan.


Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 100 orang di Johns Hopkins University, Baltimore, Maryland. Hasil penelitian tersebut juga telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Neuroscience.

Dalam penelitian, para partisipan diminta mengamati sejumlah gambar di dalam dan luar ruangan. Sekitar 5 menit kemudian, sebagian partisipan diberi tablet kafein 200 mg atau setara dengan secangkir kopi, dan sebagian lagi diberi tablet kosong atau plasebo.

Sampel air ludah diperiksa untuk mengukur kadar kafein dalam tubuh partisipan, setelah 1 jam dan 3 jam. Para partisipan kembali memeriksakan sampel air ludahnya pada hari berikutnya setelah 24 jam.

Pada pemeriksaan di hari berikutnya, para partisipan kembali diminta untuk mengamati gambar. Sebagian gambar merupakan gambar lama yang diperlihatkan sehari sebelumnya, dan sebagian lagi ditambahkan secara acak sehingga jumlahnya menjadi lebih banyak.

Saat diminta mengidentifikasi mana gambar lama dan mana gambar baru, partisipan yang mendapatkan tablet kafein di hari sebelumnya cenderung lebih akurat dalam mengingat. Temuan ini membuktika bahwa secangkir kopi bisa memperkuat ingatan.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Khasiat Secangkir Kopi"

  1. ada yang bilang gk baik minum kopi tapi ada juga yang bilang kopi mempunyai manfaat, kadang jadi bingung sendiri nih :D

    ReplyDelete
  2. memang benar sih kalau kopi bisa memperkuat ingatan..tapi saya kalo minum kopi malah jadi ngantuk...keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete