Khasiat Bayam Mencegah Obesitas

NGEMIL di antara waktu makan secara berlebihan tidak dapat dipungkiri dapat membuat berat badan seseorang cepat naik.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa memanfaatkan konsumsi sayur bayam.

Studi yang dilakukan oleh ilmuwan Swedia menemukan bahwa senyawa alami tersembunyi yang terdapat di dalam bayam terbukti mampu mengurangi keinginan untuk ngemil. Bahkan diungkapkan bahwa di kemudian hari bayam mungkin dapat dimanfaatkan untuk mencegah obesitas.

Charlotte Erlanson-Albertsson, seorang profesor di Lund University, menemukan bahwa senyawa yang dikenal sebagai tilakoid tersebut mampu memperlambat pencernaan dan mengurangi rasa lapar. Berbeda dengan makanan olahan lainnya, tilakoid cenderung dicerna dalam usus bagian atas.

Untuk membuktikan teori tersebut, Erlanson-Albertsson meminta sebuah kelompok uji yang terdiri dari 15 orang untuk rutin mengonsumsi bayam setiap pagi. Hasilnya, dilaporkan bahwa mereka menjadi lebih mudah untuk menahan godaan ngemil, jika dibandingkan tanpa konsumsi sayur bayam.

"Saya menemukan senyawa tilakoid ini setelah berbicara dengan suami saya yang merupakan seorang ilmuwan peneliti fotosintesis. Dia mengarahkan saya pada tilakoid, sebuah senyawa dalam daun hijau diyakini mampu memperlambat pencernaan lemak," kata Erlanson-Albertsson, seperti dilansir laman The Local, Senin (7/4).

Jika ingin mendapatkan manfaat yang lebih besar dari tilakoid, maka bayam harus dihancurkan dan disaring untuk membebaskan tilakoid dari sel-sel tanaman lainnya.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Khasiat Bayam Mencegah Obesitas"

  1. saya malah gk pernah suka makan bayam sob, ternyata bisa mencegah obesitas ya....

    ReplyDelete