Ibu Hamil Jangan Minum Soft Drink

KESEHATAN janin selama kehamilan ditentukan asupan gizi ibu saat remaja, sehingga kebutuhan gizi pada saat kehamilan meningkat.

Pengurangi pemakaian gula dan garam yang berlebih, serta mengkonsumsi makanan dan minuman kaleng.

Ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta disarankan untuk meminum susu dua kali sehari untuk menambah kalori dan protein.

Kekurangan nutrisi pada seseorang dapat menjadikan penurunan fungsi reproduksi. Hal perlu dihindarkan adalah menghindari diet terlalu ketat dan memilih makanan segar tanpa pengawet serta mengolah makanan dengan baik dan terdapat variasi makanan.

Nungky menjelaskan makanan yang dikonsumsi ibu hamil perbandingannya adalah 40 persen pertumbuhan janin dan 60 persen kebutuhan ibu.

Kebutuhan gizi selama kehamilan meningkat 15 persen untuk pertumbuhan rahim, payudara, volume darah, plasenta, air ketuban dan pertumbuhan janin.

Masa kehamilan kebutuhan energi meningkat 15 persen sekitar 300 kkal dan sumber energi sumber karbohidrat, protein dan lemak. Ibu hamil, sambung dia, harus memperhatikan karbohidrat, protein dan lemak, vitamin dan mineral.

Asam folat atau vitamin B29 berperan sebagai metabolisme, pematangan sel darah merah, sintesis DNA dan pertumbuhan sel.

Sehingga, jika terjadi kekurangan asam folat makan dapat mengakibatkan berat bayi lahir rendah, (BBLR), cacat pada tabung syaraf (neural tube defect, spina bifida dan anenchephalic infant.

Darimana sumber tersebut?
Nungky menjelaskan dapat diperoleh mengkonsumsi asparagus, brokoli, polong, bayam, jeruk,biji gandum, ikan salmon, daging dan telur.

Kemudian, zat besi yang didapatkan dari kuning telur, hati, daging, ikan, sayuran hijau yang berfungsi sebagai persiapan proses persalinan dan menyusui, pembentukan HB darah, peningkatan sirkulasi darah ibu. Selanjutnya, Iodium berfungsi mencegah keterlambatan mental dan kelainan fisik.

Sumbernya dari ikan,ikan laut, garam beryodium.

Nungky menambahkan Kalsium dan Fosfor berfungsi sebagai pertumbuhan tulang dan gigi, perkembangan otot,jantung, syaraf, pembekuan darah,membantu kerja enzim yang bersumber pada susu, kedelai dan produk laut.

Lalu apa saja masalah gizi pada ibu hamil? Nungky menjelaskan mual dan muntah (Emesis) sering terjadi pada trisemester pertama.

Cara mengatasinya dengan mengusahakan asupan nutrisi tetap dengan cara mengkonsumsi makanan yang kering seperti biskuit, roti dan minuman segar.

Lalu hipertensi akibat kejang maka perlu dihindari penggunaan garam yang berlebihan serta makanan dan minuman kaleng atau mengandung pengawet.

Terakhir, Gestational Diabetes dengan mengurangi kebiasaan minum minuman manis atau konsumsi gula dan karbohidrat sederhana tidak berlebihan.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Ibu Hamil Jangan Minum Soft Drink "

  1. Demi kesehatan janin, bumil memang harus sangat menjaga asupan makanan dan minuman.

    ReplyDelete

Labels