Cara Mencegah Keinginan Ngemil

ADA bermacam cara untuk menahan keinginan NGEMIL.

Mulai dari cara biasa seperti banyak minum air putih atau cara unik misalnya main tetris atau menghirup aroma melati. Tapi sebenarnya mood juga dapat dimanfaatkan untuk menghindari kebiasaan buruk ini.

Tim peneliti dari University of Delaware, AS membandingkan kondisi sekelompok partisipan ketika sedang bahagia, sedih atau netral yang disodori camilan seperti keripik, kue atau permen.

Ternyata partisipan yang mood-nya positif lebih jarang menyentuh camilan-camilan tersebut dibandingkan partisipan yang mood-nya sedang buruk atau netral. Atau dengan kata lain mood yang bagus membuat seseorang 77 persen lebih cenderung makan makanan sehat.

Bad mood ternyata dapat memicu seseorang untuk terfokus pada hal-hal yang ada di depan matanya, atau yang bisa memberinya gratifikasi atau kesenangan secepatnya. Sebaliknya saat mood sedang membaik, kita cenderung bisa mundur dan berpikir lebih jauh ke depan.

Dengan logika yang sama, peneliti juga membuktikannya dengan melakukan percobaan lain, yaitu mengubah pola pikir seseorang dan pada ternyata cara ini memang dapat mengubah pilihan camilan orang yang bersangkutan.

Pasalnya dalam percobaan, para partisipan yang diminta untuk membayangkan kehidupan mereka dalam 10 tahun ke depan cenderung mengonsumsi lebih sedikit permen coklat yang diberikan peneliti dibandingkan mereka yang hanya diminta memikirkan kondisi mereka saat ini.

Bahkan bisa jadi memikirkan masa depan jauh lebih mudah dilakukan dan lebih efektif (untuk mencegah keinginan ngemil) daripada bila kita diminta mengubah mood.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mencegah Keinginan Ngemil"

  1. Berarti harus good mood terus ya kalau nggak mau ngemil :D

    ReplyDelete
  2. Ngemil memang kurang sehat ya jadi harus dikurangi ngemilnya nih.. thanks infonya

    ReplyDelete