Asupan Makanan Agar Panjang Umur

Panjang umur mungkin menjadi salah satu hal yang selalu diminta dalam setiap doa kita, benar tidak?

Nah, kini dari sisi ilmiah, sebuah studi terbaru mungkin bisa menjadi jawaban dari doa tersebut.

Hasil studi dari para ahli nutrisi di University College London (UCL) menyatakan, mengonsumsi tujuh porsi buah dan sayuran sehari dapat membantu memperpanjang umur manusia.

"Meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran menurunkan risiko kematian akibat kanker dan penyakit jantung hingga sepertiganya. Anda tidak akan mati muda," ujar Dr Oyinlola Oyebode dari departemen Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat UCL, seperti dilansir Dailymail, Selasa (1/4).

Penelitian baru juga menunjukkan, makan lebih banyak buah dan sayuran menurunkan risiko kematian dini sebesar 42 persen, dibandingkan dengan mereka yang kurang mengonsumsinya. Karenanya, para ahli menyarankan untuk menambah porsi makan buah, dari lima porsi menjadi tujuh porsi sehari.

"Pesan yang jelas di sini adalah jika anda mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran di dalam makanan, semakin kecil kemungkinan untuk mati pada usia muda. Sayuran memiliki efek lebih besar daripada buah, tetapi buah memiliki perbedaan manfaat yang nyata," sambungnya.

Dijelaskannya, dalam penelitian atas 65 ribu responden antara 2001 -2013, mereka yang makan 1-3 porsi buah dan sayuran sehari, memiliki penurunan risiko lebih rendah terkena serangan jantung dan kanker daripada mereka yang makan kurang dari satu kali per hari.

"Dalam studi mereka porsi yang dimakan 80 gram buah dan sayuran dalam 24 jam," ujarnya.

Makan 1-3 porsi buah dan sayuran dikaitkan dengan 14 persen penurunan risiko kematian. Sayuran segar memiliki efek perlindungan terkuat, diikuti dengan salad dan kemudian buah.

sumber:
jpnn.com
w8themes.com

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Asupan Makanan Agar Panjang Umur"

  1. makanan sehat menjadikan tubuh semakin sehat pula, terimakasih banyak gan atas informasinya

    ReplyDelete
  2. buah dan sayur memang terbukit menyehatkan dan juga membuat usia jadi lebih panjang...
    Keep happy blogging always…salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete