5 Hal Menjijikkan Pada Bantal

SETELAH seharian beraktivitas, beristirahat dengan merebahkan diri di atas kasur tentu membawa kenikmatan tersendiri.

Namun, apa jadinya jika ternyata kasur atau bantal untuk istirahat justru menjadi sarang hewan tertentu atau mengandung hal lain yang menjijikkan?

Seorang pakar biologi dari North Carolina State University, Rob Dunn, Ph.D., baru-baru ini menggelar riset untuk mengetahui hal-hal mikroskopis yang tanpa disadari ada di permukaan berbagai benda di rumah.

Untuk studi ini, Dunn mengamati barang-barang yang ada di 1.000 rumah.

Berikut beberapa hal yang menjijikkan yang menempel di bantal anda:

1. Tungau debu

Bantal yang kusam, hangat dan lembab merupakan habitat yang ideal bagi tungau debu. Bahkan saudara dekat laba-laba ini bisa hidup, berkembangbiak dan mati di sekitar kepala anda.

Menurut sebuah studi dari University of Missouri, rata-rata sebuah ranjang didiami oleh dua juta tungau debu. Parahnya lagi beberapa studi lain juga menimpali bantal yang makin lama makin terasa berat biasanya disebabkan bertambahnya jumlah tungau debu yang tinggal di sana.

Sebenarnya hewan-hewan kecil ini tidaklah berbahaya dan tidak menggigit, tapi mereka buang air sembarangan. Dan parahnya feses mereka adalah alergen bagi 20 juta orang Amerika Serikat. Untuk itu jika anda terbangun dalam keadaan hidung mampet, mata gatal atau bersin-bersin, bisa jadi anda terkena alergi tungau dan segera cuci bantal anda dengan air panas atau ganti sarungnya.

2. Sel kulit mati

Setiap menit manusia membuang ribuan sel kulit mati dari tubuhnya. Jadi bila anda menghabiskan sepertiga waktu di atas kasur maka ada kemungkinan besar banyak sel kulit mati bertebaran di atasnya, meski kasat mata.

Walau tidak membahayakan, banyaknya sel kulit mati yang menempel di bantal menjadikannya tempat yang ideal untuk tungau debu bersarang dan berkembangbiak.

3. Jamur

Ketika menganalisis sampel yang ia ambil dari 1.000 rumah, Dunn terkejut ketika menemukan 10 ribu spesies jamur di sampel-sampel tersebut. Beruntung sebagian besar tidak berbahaya, tapi salah satu strain jamur bernama aspergillus fumigatus perlu diwaspadai.

Pasalnya jamur yang kerap ditemukan di atas bantal ini dapat memperparah asma dan menyerang sistem imun yang sedang melemah. Jadi pastikan anda mengganti bantal tiap beberapa tahun sekali untuk memastikan anda terhindar dari kondisi tersebut.

4. Feses

Siapa sangka bahwa di atas permukaan bantal tak hanya ada serpihan DNA manusia dan sel kulit mati. namun juga feses atau kotoran manusia. Selain menjijikkan, kondisi ini sulit dicegah karena setelah keluar dari toilet, serpihan feses akan terus menempel di tubuh dan baju hingga tersebar ke penjuru rumah termasuk bantal dan kasur.

5. Hewan peliharaan

Dunn juga menemukan sampel dari hewan peliharaan di atas bantal. Tak peduli apakah si hewan tidur bersama pemiliknya atau tidak, bulu mereka pasti akan menumpuk di bantal.

Lagipula hewan peliharaan yang dibiarkan tidur dengan pemiliknya dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti MRSA, infeksi bakteri dan penyakit Lyme.

Selain itu, toxoplasma gondii atau parasit yang dibawa kucing dapat ditularkan ke manusia dan menyebabkan penyakit tokso.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "5 Hal Menjijikkan Pada Bantal"

  1. Kalo saya biasanya jamurnya yang gak tahan, alergi juga menjadi maslaah karena jamur ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti banyaklah jamur ini, makanya perlu dijemur agar mati si jamur ini

      Delete
  2. hmm iya harus sering dicuci dan dijemur tuh biar bersih :)

    ReplyDelete
  3. makanya bantal sebaiknya dijemur dan dibersihkan seminggu sekali..agar aman dari lima hal menjujikkan tersebut...keep happy blogging always,,salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  4. ini hanya bantalnya saja ya bagaimana dengan kasurnya tentu lebih menjijikkan lagi mungkin

    ReplyDelete
  5. ini hanya bantalnya saja ya bagaimana dengan kasurnya tentu lebih menjijikkan lagi mungkin

    ReplyDelete

Labels