5 Dampak Kesehatan yang Diakibatkan oleh Alas Kaki

ALAS kaki terutama sepatu memegang peranan penting bagi semua orang untuk menjalani aktivitasnya.

Tidak hanya menghindari salah kostum, penggunaan alas kaki juga harus disesuaikan dengan kondisi kaki sebab masing-masing memiliki dampak bagi kesehatan.

Menurut Jacqueline Sutera, doktor di bidang podiatric medicine and surgery serta Neal Blitz, kepala Foot Surgery and Associate Chairman of Orthopedics di Bronx-Lebanon Hospital.

ini dia 5 dampak kesehatan yang ditimbulkan masing-masing alas kaki:

1. Sepatu lari

"Menggunakan sepatu yang memiliki terlalu banyak bantalan bukan hal terbaik bagi kaki. Menggunakan sepatu seperti itu, bisa membuat kaki tidak merasa menyentuh tanah hingga otak tak mengirim umpan balik pada kaki untuk merespons gerakan menjejak ke tanah," kata Jacqueline, seperti dilansir laman Times of India, Minggu (6/4).

Memang sepatu ini idealnya digunakan untuk berlari, jalan, atau joging. Bukan untuk bersepeda, menari, dan mendaki gunung karena bisa menyebabkan cedera kronis pada kaki terutama tumit.

2. Sandal jepit

Kebanyakan sandal jepit terlalu pipih, datar, dan terbuka. Hal ini membuat kaki berhadapan langsung dengan lingkungan dan tidak memberikan bantalan pada arch. Jepitan sandal juga bisa memaksa otot kaki untuk tetap mencengkeram sandal. Mengenakan alas kaki ini bisa membuat peradangan, nyeri tumit, dan patah tulang.

3. Stiletto

Memakai sepatu hak dengan bentuk runcing selama berjam-jam bisa menggeser beban berat badan anda ke tumit yang bisa menyebabkan keseleo pada pergelangan kaki, patah tulang, dan juga neuromas (tumor saraf jinak).

4. Wedges

Wedges juga bisa memberi tekanan pada kaki. Meski bagian tumitnya cenderung memiliki lebih banyak bantalan dan melindungi tumit karena haknya tidak terlalu tinggi, wedges juga menempatkan tumit anda pada risiko cedera.

5. High Heels

Sepatu hak tinggi dapat merusak kaki karena memfokuskan berat badan dengan cara yang berbahaya. yakni menumpukan berat badan pada ujung kaki. Sepatu hak tinggi mendorong tulang keluar dari tempatnya dan menyebabkan nyeri serta kecacatan lainnya. Seiring waktu, sendi akan menjadi rusak.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "5 Dampak Kesehatan yang Diakibatkan oleh Alas Kaki"

  1. udah kagak usah pakai alas kaki saja. ahahahah... saya suka pakai wedges lebih stabil dari pada heels :) keliatan tinggi juga dan lebih gaya... cowok di larang protes sama kebiasaan ini kan sudah kodrat cewek. :P but maksih untuk artikelnya, ya sebijaknya saja. di selang seling :)

    ReplyDelete
  2. Terus kalau mau pake gk berdampak sama kesehatan gimana nih :D

    ReplyDelete