Tinggi Tubuh Pengaruhi Tingkat Kecerdasan

Orang yang pendek biasanya tidak begitu percaya diri bila berdiri sejajar dengan rekannya yang bertubuh lebih tinggi.

Tidak hanya itu, sebuah studi baru juga menemukan orang pendek juga tidak lebih pintar dibanding orang yang bertubuh tinggi.

Sebelumnya studi lain berhasil mengidentifikasi kaitan genetik antara tinggi badan dengan tingkat inteligensia atau IQ ini pada saudara kembar dan orang-orang yang masih memiliki hubungan darah alias keluarga. Namun studi baru inilah yang pertama bisa menemukan kaitan kedua hal itu berdasarkan penanda DNA pada orang-orang yang tidak saling kenal.


Hal ini diungkapkan oleh tim peneliti dari University of Edinburgh, UK setelah menganalisis data genetik dari 6.815 pria dan wanita yang ambil bagian dalam Scottish Family Health Study antara tahun 2006-2011.

Namun Marioni menambahkan hal lain yang mereka temukan adalah adanya korelasi yang cukup besar antara tinggi badan dengan tingkat kepandaian, sehingga orang yang lebih tinggi juga biasanya lebih pintar. Selain itu, orang-orang yang mempunyai kedua karakteristik tersebut biasanya memiliki varian genetik yang hampir sama.

Studi lain juga mengatakan bahwa tinggi badan di atas rata-rata serta IQ yang lebih tinggi sama-sama dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang lebih baik. Sebab orang yang bertubuh pendek diduga berisiko tinggi mengalami penyakit kardiovaskular, sedangkan orang yang tubuhnya lebih tinggi memiliki risiko kematian, sakit jantung, stroke dan bunuh diri lebih rendah.

Walaupun begitu, ada juga studi yang cukup memberatkan orang berbadan tinggi.

Studi tersebut mengatakan wanita yang lebih tinggi lebih berisiko terkena kanker pasca memasuki masa menopause, dan tentara serta atlet yang bertubuh lebih pendek justru hidup lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang lebih tinggi.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tinggi Tubuh Pengaruhi Tingkat Kecerdasan"

  1. trus yang ideal berapa Sob...???

    ReplyDelete
  2. Hasil studi yang unik nih.
    Orang lebih pendek cenderung tidak begitu pintar tapi lebih panjang umur ya Mas :)
    Tapi Pak Habibi kan ngga tinggi ya?

    ReplyDelete