Salah Satu Dampak Negatif Kecanduan Ponsel

Berbagai penelitian tentang kemungkinan dampak negatif yang ditimbulkan karena pemakaian telepon selular memang terus dilakukan hingga kini.

Meski sejauh ini, masih pro dan kontra namun para dokter mata di Inggris mengatakan orang yang kecanduan ponsel pintar terancam risiko kerusakan mata atau kebutaan.

Hal ini bakal terjadi jika penggunaan ponsel berlebihan dan perangkat lain seperti komputer, tablet dan TV layar datar. Bahkan efeknya dapat menyebabkan kerusakan permanen atau kebutaan total.

Menurut BBC, hasil penelitian berdasarkan survei terhadap 2.000 orang menyatakan orang berusia di bawah 25 tahun mengecek ponsel mereka 32 kali dalam satu hari.

"Cahaya biru violet sangat berpotensi merusak dan meracuni belakang mata Anda," ujar dr Andy Hepworth, ahli mata dari Inggris.

Sinar tersebut dalam waktu tertentu, akan merusak mata manusia. "Ketika Anda melihat ke ponsel, cahaya yang terpancar adalah biru violet," sambungnya.

Dijelaskannya, dalam uji coba menemukan paparan berlebih terhadap cahaya biru violet berpotensi mengakibatkan gangguan degenerasi ofmacular yang menyebabkan kebutaan.

"Meski kita tidak tahu apakah ada kaitan langsung dengan gangguan mata, tapi bukti laboratorium sangat kuat menyatakan bisa," tambahnya.

Penyebabnya adalah kombinasi dari tidak cukup berkedip dan melihat smartphone lebih dekat dari biasanya yang membuat mata bekerja keras.

Sebelum ini salah satu penelitian terbaru tentang dampak negatif ponsel yang dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Australia, Inggris, dan Belanda dan dipublikasikan di International Journal of Neuroscience, mengungkapkan, penggunaan ponsel bisa mempengaruhi fungsi kerja otak manusia. Salah satu dampak negatifnya adalah melemahnya daya kerja otak.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Salah Satu Dampak Negatif Kecanduan Ponsel"

  1. dulu saya memang pencandu berat ponsel mas sampek madi aj posel aku bawa bah kan sering jatuh ke bak mandi tapi sekang meskipun tanpa ponsel satu bulan penuh saya kuat mas nice share

    ReplyDelete
  2. Ane sekarang minus gan.. Apakah ini dampak negatif dari kecanduan ponsel

    ReplyDelete