Paru-Paru Perokok Aktif Dapat Didonorkan

MEROKOK MEMBUNUHMU.

Kalau diartikan bukan membunuh secara langsung, malainkan berhap hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun demi tahun.

Menurut saya, faktor keturunan sangatlah dominan. Artinya kalau bapak atau kakek pernah sakit akibat merokok, maka sebaiknya hentikan kebiasaan Anda merokok.


Namun kalau bapak dan kakekmu perokok berat dan masih sehat-sehat saja, maka meski sampeyan merokok berbatang-batang tetap akan sehat-shat saja.
Hal itu berdasarkan survei yang saya amai sendiri.

Memang sejatinya merokok itu sangat tidak baik untuk kesehatan
.

Tidak hanya menyebabkan gangguan jantung dan otak, namun efek merokok terbesar ada di paru-paru. Gangguan pernapasan hingga kanker paru-paru mengintai para perokok. Namun itu tidak menghalangi mereka untuk mendonorkan paru-parunya ketika meninggal.

Hal tersebut dibuktikan dengan penelitian yang diadakan di Harefield Hospitasl, London, Inggris. Sejak tahun 2007, sudah 237 transplantasi paru-paru dilakukan dan 90 persennya merupakan transplantasi double.

Sebanyak 53 persen donor merupakan paru-paru orang yang tidak merokok. Namun sisa 47 persennya merupakan paru-paru dari perokok dengan rata-rata 20 batang rokok per hari. Hal itu sama dengan 1 dari 5 transplantasi jantung yang dilakukan berasal dari donor paru-paru perokok.

"Namun efeknya relatif sama, bahkan paru-paru non-perokok mempunyai angka keberhasilan hidup sedikit lebih rendah daripada paru-paru perokok," kata direktur transplantasi jantung dan paru-paruu dari Harefield Hospital, Andre Simon, seperti dilansir laman Daily Mail, Sabtu (1/3).

Pada periode jangka pendek, angka keberhasilan hidup paru-paru non-perokok adalah 77,7 persen, sementara paru-paru perokok 90,8 persen. Dr. Simon juga mengatakan bahwa meski fakta tersebut nampak sedikit aneh, namun ia meyakinkan bahwa seluruh organ donor, baik dari perokok maupun bukan, telah melalui rangkaian pemeriksaan sebelum dioperasi untuk menjamin kualitas organ dan keamanan pasien.

"Mendapatkan donor paru-paru dari perokok lebih baik daripada tidak sama sekali. Paru-paru donor dari perokok berat pun akan menambah ketersediaan organ donor bagi yang membutuhkan," kata Dr.Simon lebih lanjut.

YUK berhenti merokok....

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Paru-Paru Perokok Aktif Dapat Didonorkan"

  1. apa mesti merokok...

    padahal saya nggak merokok

    ReplyDelete
  2. aneh faktanya ya mas, lebih banyak berhasil pada donor yang perokok ..
    saya juga perokok mas, tapi gak sampai 20 batang perhari .. hehehe

    ReplyDelete