Menurunkan Resiko Serangan Jantung Dengan ini

HELSINKI - Mengonsumsi ikan bagi anak-anak maupun dewasa sangat baik untuk kesehatan, terutama yang mengandung asam lemak omega-3, asam docosahexaenoic (DHA), dan asam eicosapentaenoic (EPA).

Kini, sebuah studi terbaru yang dilakukan University of Eastern Finlandia menunjukkan peningkatan asupan lemak ikan dapat meningkatkan tingkat lipoprotein densitas tinggi (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik.


"Asupan tinggi ikan meningkatkan jumlah partikel HDL, yang berfungsi membersihkan dinding arteri sehingga mengurangi risiko penyakit jantung," ungkap Maria Lankinen, salah seorang peneliti, seperti dilansir Xinhua, Selasa (11/3).

Konsumsi ikan telah lama diyakini baik untuk kesehatan. Orang yang memiliki tingkat kolesterol baik tinggi cenderung memiliki risiko rendah dari penyakit jantung. Namun, bagaimana fungsi lemak dan nutrisi lainnya yang terkandung dalam ikan berguna dalam tubuh manusia tidak sepenuhnya diketahui.

Dijelaskan, konsumsi ikan sebanyak tiga sampai empat kali seminggu, seperti salmon, dan trout pelangi mampu meningkatkan kandungan HDL dalam tubuh.

Sebelumnya, Jurnal Neurology juga melansir semakin tua usia seseorang, maka ukuran otaknya akan semakin menyusut. Untuk tetap menjaga kesehatan otak, American Heart Association menyarankan agar seseorang mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega 3 setiap dua kali dalam seminggu.

Ikan-ikan yang mengandung omega 3 diantaranya adalah ikan herring, salmon, makarel, dan sarden. Tak hanya baik untuk otak, tetapi juga jantung.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Menurunkan Resiko Serangan Jantung Dengan ini"

  1. Ikan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung tapi harus siap2 anggaran lebih :)

    ReplyDelete
  2. jantung memang salah satu organ tubuh paling penting yang harus kita jaga

    ReplyDelete

Labels