Memancing Sel Kanker untuk Keluar kemudian Membunuhnya

Beberapa jenis KANKER seperti glioblastoma sulit diberantas karena sifatnya yang licik dan agresif.

Kini para ilmuwan menemukan cara yang tidak kalah licik untuk membasminya, yakni dengan memancingnya keluar dari otak.


Salah satu faktor yang membuat glioblastoma sulit diobati adalah cara penyebarannya yang unik. Sel kanker berpindah ke lokasi baru dengan membajak serabut saraf dan mengikuti aliran darah. Dengan melekatkan diri pada struktur alami, sel kanker bisa berkendara ke mana saja.

Dengan mempelajari caranya menyebar di otak, para ilmuwan pun mengklaim telah menemukan cara efektif untuk membasminya. Dengan cara yang tidak kalah licik, para ilmuwan memancing sel-sel kanker, menggiringnya keluar otak, kemudian membunuhnya.

"Kami mendesain lapisan serat nano polimer tipis yang menyerupai saraf dan pembuluh darah, yang biasa dipakai sel kanker untuk menginvasi otak," kata peneliti Ravi Bellamkonda, seperti dilansir laman Dailymail.

Serabut saraf buatan ini, oleh sel kanker akan dianggap sebagai kendaraan menunju bagian otak yang lain. Anggapan itu kemudian akan menjebak sel kanker, membawanya keluar dari otak menuju tempat lain yang lebih aman untuk kemudian ditangkap dan dimatikan.

Meski begitu, para ilmuwan mengatakan bahwa teknik ini tidak digunakan untuk menyembuhkan kanker. Dengan teknik ini, yang bisa dilakukan hanyalah mengurangi ukuran tumor otak. Itu pun baru diujikan pada binatang, meski diperkirakan suatu saat nanti bisa diterapkan pula pada manusia.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Memancing Sel Kanker untuk Keluar kemudian Membunuhnya"

Labels