Hati-Hati Gigitan Kucing Bisa Picu Infeksi

KUCING sebagai binatang peliharaan memang lucu dan menggemaskan.

Tapi, hati-hatilah dengan gigitan kucing karena ada bakteri di taringnya yang dapat memicu infeksi serius pada tulang dan persendian.

Menurut para ilmuwan, gigitan kecil seekor kucing bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, periksalah ke dokter jika digigit kucing.


Dari catatan para ilmuwan, perempuan paruh baya justru lebih sering digigit kucing dibanding kelompok lainnya. Dari semua kasus gigitan, 30 persen butuh perawatan di rumah sakit dan 60 persen di antaranya membutuhkan operasi pembedahan.

Dari 193 pasien akibat gigitan kucing yang diamati para ilmuwan selama 3 tahun, 57 pasien dirawat di rumah sakit selama rata-rata 3 hari. 38 Pasien butuh operasi untuk membasuh luka dan mengeluarkan jaringan yang terinfeksi, sedangkan beberapa pasien membutuhkan operasi rekonstruksi.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Hand Surgery itu juga menemukan bahwa 69 persen korban gigitan kucing adalah perempuan usia 49 tahun. Gigitan pada lengan atau persendian lainnya yang ada di tangan lebih berisiko dibandingkan gigitan di bagian lain.

Menurut para ilmuwan, gigitan kucing dinilai berbahaya karena struktur gigi taringnya yang lebih runcing dibandingkan hewan lain. Bentuk seperti itu membuatnya mampu menyuntikkan bakteri atau kuman lainnya ke jaringan yang lebih dalam di tubuh korbannya.

"Gigi kucing tajam dan bisa menusuk sangat dalam, mereka bisa menanam bakteri di persendian dan tendon atau selubungnya," kata peneliti, Dr. Brian Carlsen. seperti dilansir laman Daily Mail, Minggu (23/3).

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Hati-Hati Gigitan Kucing Bisa Picu Infeksi"

Labels