8 Tanda-Tanda Kekurangan Zat Besi

Zat Besi dibutuhkan oleh tubuh, antara lain untuk pembentukan sel-sel darah merah.

Bahan pangan yang banyak mengandung nutrisi ini antara lain daging merah, serta sayur-sayuran berwarna hijau.

Kapan tubuh membutuhkannya?

Asupan zat besi dibutuhkan kapan saja, dan biasanya sudah tercukupi dengan menerapkan pola makan dengan gizi seimbang. Dalam kondisi tertentu saja, tubuh membutuhkan asupan lebih banyak baik dari sumber pangan alami maupun suplemen zat besi.


Tanda-tanda yang menunjukkan tubuh memerlukan tambahan zat besi antara lain sebagai berikut.

8 Tanda-Tanda Kekurangan Zat Besi:


1. Gampang letih

"Tubuh membutuhkan zat besi untuk membentuk hemoglobin, senyawa dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen," kata ahli kesehatan dari Vanderbilt Center for Integrative Health, Blaire Morris, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (12/3).

Saat darah merah tidak mampu mengangkut oksigen yang dibutuhkan, tubuh akan merasa cepat letih.

2. Susah konsentrasi

Pembentukan neurotransmitter akan terpengaruh saat orang mengalami kekurangan zat besi. Fungsi normal otak akan terganggu, antara lain menjadi susah konsentrasi.

3. Tidak pedulian

Dampak lain dari berkurangnya neurotransmitter adalah apatis, atau cuek dengan lingkungan. Teman dekat, keluarga, pekerjaan, bahkan hobi, jadi terabaikan saat tubuh kekurangan zat besi.

4. Sesak napas

Tanpa zat besi yang cukup, tubuh akan kekurangan oksigen. Akibatnya, aktivitas fisik seringan apapun bisa membuat napas terasa ngos-ngosan untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya.

5. Pucat

Memiliki wajah seperti vampire bukan hal yang perlu dibanggakan. Putih tapi kalau pucat itu artinya bukan cantik melainkan terlalu sedikit sel darah merah yang mengaliri tubuh.

6. Tidak betah olahraga

Cepat lelah, kekuatan otot menurun, dan napas yang pendek, adalah tanda-tanda kurang zat besi. Kondisi ini membuat orang tidak betah berlama-lama berolahraga.

7. Kuku rapuh dan cekung

Kuku mudah patah adalah tanda lain tubuh kekurangan zat besi. Selain rapuh, kuku juga sering membentuk cekungan seperti sendok.

8. Urine pink atau merah setelah makan buah bit

Beeturia adalah kondisi yang ditandai dengan urine berwarna pink atau merah setelah makan buah bit (beet). Kondisi ini normal tetapi lebih sering terjadi pada orang-orang dengan defisiensi atau kekurangan zat besi.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "8 Tanda-Tanda Kekurangan Zat Besi"

  1. trus, klo untuk mengatasi masalah kekurangan zat besi gimana ya???

    ReplyDelete
  2. zat besine ayu tenan, Cak. nggo aku ae

    ReplyDelete

Labels