5 Tanda Masalah Kesehatan Dilihat dari Mulut

Pada umumnya seseorang melakukan cek kesehatan dengan mengukur tekanan darah atau suhu tubuh dengan termometer.

Namun jangan salah, mulut juga bisa digunakan untuk mengecek kesehatan anda.

Berikut beberapa tanda adanya masalah kesehatan pada tubuh anda.

5 Tanda Masalah Kesehatah Dilihat dari Mulut:


1. Gusi berdarah

Penelitian membuktikan bahwa penyakit gusi dapat menaikkan dua kali lipat risiko terserang penyakit jantung koroner. Pada wanita, hal itu juga meningkatkan tiga kali lipat risiko melahirkan prematur. Tidak hanya itu, penyakit gusi juga meningkatkan risiko disfungsi ereksi pada pria sampai tiga kali lipat.

Untuk menghindari hal tersebut, menyikat gigi selama 2 menit dua kali sehari mampu mengatasi hal itu. Jangan lupa juga untuk memakan banyak sayuran karena sayuran memiliki potensi lebih kecil untuk merusak gigi dan mulut dibandingkan daging.


2. Lidah gemuk dan pucat

Lidah bengkak dan membesar, pucat atau terlalu merah bisa jadi pertanda kekurangan bitamin b6 dan juga anemia. Jika anda merasa tiba-tiba lemas dan letih, cobalah berkaca. Jangan-jangan lidah anda menunjukkan gejala-gejala diatas.

Konsumsi sayuran hijau yang banyak mengandung zat besi seperti bayam, kangkung dan selada dapat membantu mengurangi risiko anemia. Untuk menambah asupan vitamin b6, cobalah perbanyak makan telur dan pisang.

3. Mulut kering

Mulut kering bisa disebabkan oleh efek samping pada obat penenang dan obat alergi. Mulut kering juga merupakan salah satu tanda menopause. Biasanya mulut kering ditandai dengan sedikitnya air liur yang ada di dalam mulut.

Namun hati-hati, mulut kering juga bisa merupakan pertanda sindrom Sjogren, dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sistem kelenjar air liur. Maka dari itu, segera kunjungi dokter jika mulut kering disertai dengan kulit dan mata yang kering, nyeri pada otot dan rasa letih.

Untuk mengatasi mulut kering, anda bisa mengunyah permen karet bebas gula. Bisa juga dengan menggunakan permen, spray atau gel yang di dapat dari dokter anda.

4. Sariawan

Sariawan sering diartikan dengan kekurangan asupan vitamin C pada tubuh. Namun jangan salah, sariawan juga merupakan salah satu pertanda awal adanya kanker mulut.

Minum alkohol sambil merokok meningkatkan risiko sampai 30 kali lipat untuk kanker mulut. Tidak hanya itu, Human Papiloma Virus (HPV) yang bisa ditularkan oleh oral seks juga merupakan faktor penyebab kanker mulut yang besar.

5. Napas tidak sedap

Selain mengganggu pergaulan, ternyata napas tidak sedap juga bisa mengindikasi adanya masalah paru-paru pada tubuh anda.

Untuk itu kurangi merokok, perbanyak minum air dan hindari makanan dengan bau yang menyengat. Sikat gigi dan dental floss dua kali sehari juga mengurangi risiko napas tidak sedap. Namun jika napas tidak sedap anda berlanjut segera kunjungi dokter.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Tanda Masalah Kesehatan Dilihat dari Mulut"

  1. ternyata deteksi penyakit bisa dilihat dari kesehatan mulut ya, terima kasih artikelnya bermanfaat sekali mas

    ReplyDelete
  2. teryata mulut bisa menditeksi penyakit juga ya mas

    ReplyDelete