5 Faktor Penyebab Kanker Prostat

Pada pria, KANKER adalah pembunuh terbesar kedua mereka setelah penyakit jantung.

Dan di Amerika, kanker prostat merupakan jenis kanker terbanyak kedua yang diidap para pria di sana. Ini artinya setiap pria tidak boleh menyepelekan penyakit ini.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini datang sekaligus menjaga kesehatan prostat adalah mengetahui faktor apa saja yang diam-diam bisa menyebabkan kanker pada organ ini.


5 Faktor Penyebab Kanker Prostat:


1. Makanan kaleng dan struk belanja

"Keduanya mengandung komponen bisphenol-A (BPA), zat yang dapat memicu atau meningkatkan pertumbuhan sel-sel kanker prostat," kata peneliti Dr. Shuk-mei Ho, Ph.D., seperti dilansir laman Men's Health, Senin (17/3).

Dr. Ho menemukan sampel urine penderita kanker prostat, terutama yang usianya di bawah 65 tahun mengandung BPA 8 kali lebih banyak daripada urine pria yang sehat.

Dari situ ia berkesimpulan bisa jadi BPA itulah yang menyebabkan gangguan pada proses perkembangbiakan sel sehingga mengakibatkan kanker.

Perlu diingat, selain keduanya, BPA juga terkandung dalam banyak produk kemasan makanan yang terbuat dari plastik, seperti botol minum dan kotak makanan.

2. Alkohol

Makin banyak alkohol yang dikonsumsi seumur hidup, makin tinggi peluang seseorang untuk mengidap kanker prostat. Begitu juga dengan studi yang dilakukan di Brazil, risikonya bisa makin bertambah bila konsumsinya mencapai dua kali sehari.

Peneliti menduga ini karena acetaldehyde, sebuah zat yang terkandung dalam alkohol yang diduga berfungsi sebagai pelarut dan membantu karsinogen masuk ke dalam dinding-dinding sel pria yang mengonsumsi alkohol. Karsinogen telah lama diketahui dapat menyebabkan kanker.

3. Susu

Ternyata risiko kanker prostat juga bisa didapat para pria yang banyak mendapatkan protein dari produk susu. Peneliti dari UK mengatakan kadar insulin-like growth factor 1 (IGF-1) seseorang akan meningkat ketika mereka mengonsumsi susu dan produk turunannya. Padahal IGF-1 telah lama terindikasi dapat mempercepat penyebaran sel-sel kanker ke penjuru tubuh.

Sayangnya peneliti tidak mengatakan seberapa banyak jumlah susu yang dianggap berlebihan untuk dikosumsi.

4. Asam lemak tertentu

Asam lemak omega 3 dari ikan memang dapat menurunkan risiko kanker, akan tetapi sebuah studi dari Australia menemukan jenis asam lain yaitu asam linoleik dan asam palmitat dapat berkontribusi terhadap kanker prostat.

Makanan yang banyak mengandung asam linoleik antara lain dressing salad, makanan berbahan gandum seperti kue dan roti, serta keripik. Sedangkan asam palmitat kerap ditemukan dalam mentega dan lemak babi.

5. Polusi

Salah satu komponen utama dari polusi, yaitu nitrogen dioksida ternyata ada kaitannya dengan risiko kanker prostat yang tinggi. Hal ini dikemukakan sebuah studi dari University of Quebec.

Bahkan peneliti berani mengatakan makin banyak NO2 di sekitar rumah, makin tinggi pula risiko kanker prostat yang dimiliki para pria. Diduga ini karena menghirup gas tersebut dapat mempengaruhi sel dalam sistem kekebalan sehingga kemampuan mereka untuk mencegah tersebarnya kanker menjadi berkurang. (fny/jpnn)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Faktor Penyebab Kanker Prostat"

  1. Mengagetkan nih, protein dari produk susu bisa mengakibatkan kanker prostat.

    ReplyDelete

Labels