4 Cara Unik untuk Stop Ngemil

Siapa yang bisa tahan dengan godaan makanan favorit?

Apalagi juga dengan camilan kegemaran semua orang, seperti biskuit, cokelat atau bahkan junk food. Namun jika tidak dicegah, berat badan yang jadi korbannya.


Agar tidak tergoda, anda harus tahu ada empat cara unik untuk menahan diri dari ketagihan makanan favorit.

1. Main tetris

Sudi dari Plymouth University, UK menemukan main tetris selama tiga menit saja dapat mencegah seseorang mengkonsumsi makanan, kafein dan nikotin secara berlebihan.

"Bagian terberat dari hal ini adalah ketika kita membayangkan betapa nikmatnya makanan yang kita inginkan. Namun gerakan dalam permainan tetris serta warna baloknya yang cerah dan beragam diklaim dapat memanipulasi kemampuan visual otak sehingga teralihkan dari bayangan makanan tadi," kata peneliti Jackie Andrade, Ph.D, seperti dilansir laman Men's Health, Senin(24/3).

2. Hirup aroma bunga melati

Mengendus atau menghirup aroma bunga melati dapat menurunkan keinginan orang untuk makan yang manis-manis hingga 13 persen, dibanding menghirup air atau apel hijau.

Efek yang sama juga berlaku untuk aroma non-makanan lainnya.

3. Makan dengan menu bervariasi


Mengkonsumsi menu makanan yang sama atau hampir mirip dari hari ke hari justru akan menaikkan frekuensi craving yang dirasakan seorang pria terhadap makanan hingga tiga kali lipat.

Menurut peneliti, makan dengan menu yang sama terus-menerus justru meningkatkan keinginan seseorang untuk makan menu yang serupa lebih banyak lagi. Namun bila sebaliknya, yaitu mengkonsumsi menu makanan yang bervariasi, maka keinginan ngemil atau makan berlebihan secara membabi-buta akan berkurang.

4. Jalan-jalan

Jalan kaki selama 15 menit saja sudah cukup mengurangi keinginan seseorang untuk mengonsumsi makanan manis atau bergula hingga 50 persen.

Namun peneliti mengatakan tak hanya jalan kaki, aktivitas fisik lain yang bisa dilakukan dalam waktu singkat seperti lompat tali atau angkat berat juga dapat memberikan efek yang sama.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "4 Cara Unik untuk Stop Ngemil"

  1. sepertinya jalan-jalan paling praktis untuk melawan godaan ngemil...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete

Labels