Tips Melawan Penyakit di Usia Tua

ILMUWAN telah menemukan lima cara ampuh untuk melawan berbagai penyakit degeneratif termasuk demensia (penurunan kemampuan fungsi otak).

Kelima cara tersebut terbilang sederhana namun ampuh melawan demensia.

Semakin lanjut usia seseorang, semakin lemah pula ingatannya. Gejala penurunan kemampuan otak dalam mengingat itu lebih akrab disebut sebagai pikun.


Banyak orang yang menganggap bahwa pikun identik dengan demensia. Padahal, menjadi pikun hanya salah satu gejala awal demensia. demensia sendiri merupakan gangguan pada otak yang menyebabkan kerusakan progresif pada sistem syaraf.

Apa yang harus dilakukan agar tidak terkena penyakit degeneratif seperti demensia? Jawabannya sederhana. Berolahraga secara rutin, tidak merokok, pola makan yang sehat, meminimalkan konsumsi alkohol, dan menjaga agar berat badan tetap normal. Dari ke lima tips itu, berolahraga merupakan faktor penentu yang paling kuat.

Menurut penelitian yang telah dilakukan selama 34 tahun oleh Universitas Cardiff, lima pola hidup sehat itu mampu mengurangi berbagai risiko penyakit degeneratif. Termasuk di antaranya adalah alzheimer, penyakit jantung, diabetes dan demensia.

Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa mengerjakan empat dari lima kiat itu dapat mengurangi risiko demensia hingga 60 persen. Selain mengurangi risiko demensia, lima pola sehat itu juga dapat mengurangi kasus penyakit jantung, diabetes, dan struk hingga 70 persen.

Artinya, pola hidup sehat dapat meemberikan manfaat besar bagi kesehatan. "Pola hidup sehat lebih bermanfaat dibanding pengobatan medis atau upaya pencegahan," ketua tim peneliti, Peter Elwood seperti dilansir laman Daily Mail, Senin (3/1).

Karenanya peneliti juga mengingatkan bahwa mengonsumsi obat bukanlah langkah paling ampuh utuk memerangi demensia. Diet makanan sehat ala Mediterania malah lebih ampuh. Diet ala Mediterania itu prinsipnya adalah meningkatkan konsumsi buah, ayur, dan biji-bijian, serta mengurangi konsumsi daging.

sumber jpnn.com

Subscribe to receive free email updates: