Mayones Sering Buat Orang Miris

MAYONES memang nikmat, tapi sering membuat orang yang memakannya miris.

Mayones atau mayonais adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan cuka. Mayones umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada atau sandwich.


Apalagi jika orang itu sedang diet lemak atau memang vegetarian. Mayones dari bahan susu jelas dihindari. Nah, mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala (UWM) Surabaya menciptakan terobosan baru. Mereka sukses membuat mayones dari bahan dasar kedelai. Yang berbeda, mayonesnya rendah kalori sekaligus rendah lemak.

Mereka adalah mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian UWM. Yaitu, Anita Angkadjaja, Maria Angeline, Beksy Gisela, dan Sheila Marshalita. Mereka menyebutnya mayones reduced fat. Konsumen yang cocok mengonsumsi jenis mayones tersebut adalah para vegetarian atau orang yang memiliki penyakit intoleransi laktosa.

Anita dkk menghasilkan mayones rendah kalori dari bahan tertentu. Di antaranya, minyak kedelai, susu kedelai, garam, cuka, dan mustard. Minyak yang biasa digunakan juga dikurangi dari 80 persen menjadi hanya 40 persen.
"Ini juga tidak menggunakan kuning telur, tapi diganti susu kedelai yang memiliki kandungan lesitin seperti kuning telur," paparnya.

Meski komposisi bahan diganti, rasa dan teksturnya tidak jauh berbeda dengan mayones di pasaran. Manfaatnya besar.
"Sangat bagus untuk yang berdiet atau alergi susu sapi," terangnya.

sumber: jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Mayones Sering Buat Orang Miris"

  1. aku sih gak terlalu suka sob ama mayones

    ReplyDelete
  2. mt pg mase, q g prnah tau mknan pa itu. mkch ya atas semuany

    ReplyDelete
  3. Jadi ingin nyobain mayones versi rendah kalori nih.
    1sthappyfamily.com

    ReplyDelete