Berjemur Beberapa Menit Dapat Mencegah Hipertensi

BANYAK berjemur memang tidak baik bagi kesehatan karena berisiko menyebabkan kanker kulit.

Namun, sebenarnya sesekali berjemur juga tiidak masalah. Bahkan sebuah studi menemukan, berjemur beberapa menit dapat mencegah hipertensi.


Selama ini, hipertensi diklaim sebagai silent killer. Tidak banyak orang menyadari kapan tekanan darah mereka bisa meningkat. Padahal, hipertensi merupakan gejala awal dari penyakit kardiovaskular yang fatal seperti gagal jantung atau stroke.

Tim peneliti telah memastikan temuan ini dengan kepada sejumlah partisipan sehat dengan paparan satu dosis radiasi Ultraviolent-A (UVA) di lab selama 30 menit. Hasilnya, pembuluh darah partisipan terlihat melebar, sementara tekanan darahnya menurun.

"Lagipula selama ini yang kita tahu faktor risikonya hanya merokok, malas bergerak dan banyak makan sodium. Tapi potensi sinar matahari terhadap kulit mungkin tidak pernah diketahui orang," kata peneliti Martin Feelisch, seperti dilansir laman The Huffington Post, Rabu (19/2).

Walau tidak dapat menjelaskan mekanisme dampak sinar matahari terhadap tekanan darah, namun peneliti menduga hal itu ada kaitannya dengan peranan nitrit oksida dan zat turunannya seperti nitrite dan nitrate.

Nitrit oksida ini memang berperan penting dalam mengatur tinggi rendahnya tekanan darah. Pasalnya sel-sel pada lapisan dalam pembuluh darah memproduksi nitrit oksida agar bisa rileks atau melebar sehingga mengurangi tekanan pada jantung yang harus bekerja ekstra.

Namun ternyata, nitrit oksida tak hanya dihasilkan di pembuluh darah. Kulit juga menjadi tempat penyimpanan nitrit oksida terbesar.

Feelisch dan rekan-rekannya pun menduga sinar matahari tampaknya dapat memobilisir molekul-molekul ini sehingga dari kulit bisa bergerak ke darah, yang kemudian melebarkan pembuluhnya dan menurunkan tekanan darah. Dan ternyata, hasil percobaan mereka sesuai dengan hipotesis awal.

Walaupun begitu, peneliti mengakui bila perubahan tekanan darah yang mereka temukan relatif kecil. Tapi setidaknya ini dapat membantu melindungi seseorang dari gangguan kardiovaskular.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Berjemur Beberapa Menit Dapat Mencegah Hipertensi"

  1. tp kalo berjemur kelamaan bisa gosong donk sob.. hehe.. pantas aja ya org2 bule pada suka berjemur.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bule sich sukanya dengan yg hot hot gan

      Delete