8 Tips Atasi Gigi Sensitif

PEMILIK gigi sensitif seringkali harus lebih berjuang hanya untuk sekadar makan es krim atau sup panas daripada pemilik gigi non sensitif.

Jika Anda salah satunya, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak lagi punya masalah yang menyusahkan.

Perubahan musim dapat menjadi masalah khususnya bagi mereka yang punya gigi sensitif. Selama cuaca dingin misalnya, nyeri pada gigi yang mereka alami bisa 3 kali lipat lebih sering. Nyeri ini akan terus-menerus semakin sering muncul jika perawatannya tidak tepat.


Penyebab sensitivitas gigi bervariasi dari satu orang dengan orang yang lain. Namun terlepas dari faktor usia, sensitivitas pada gigi hampir dimiliki oleh semua orang, hanya saja tingkat sensitifnya berbeda-beda.

Tekanan fisik, makanan terlalu panas atau dingin, dan makanan yang tinggi gula atau asam dapat menyentuh dentin, sebuah substansi bagian dalam gigi yang ditutupi oleh enamel. Dentin memiliki terowongan kecil (tubulus) yang memiliki pranala ke saraf di bagian dalam gigi. Ketika dentin terkena temperatur sangat dingin atau panas, saraf ini mudah terangsang dan akibatnya muncul rasa sakit.

Berikut beberapa tips penting bagi anda yang memiliki gigi sensitif.

8 Tips Atasi Gigi Sensitif:


1. Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Umumnya produk ini memiliki kandungan khusus yang mampu menghalangi tubulus dentin, sehingga saraf tidak cepat terangsang. Letakkan sejumlah pasta gigi tersebut di jari dan usapkan pada area gigi yang ngilu, pijat dengan lembut.

2. Sikat gigi dengan lembut setelah makan dan kemudian lakukan flossing untuk membersihkan sisa makanan secara menyeluruh.

3. Gunakan obat kumur atau mouthwash setiap habis makan.

4. Hindari minuman sitrat dan minuman soda.

5. Hindari konsumsi makanan yang terlalu dingin, panas, dan pedas.

6. Hindari terlalu banyak konsumsi makanan manis karena mereka lebih mudah masuk ke saraf gigi dan dapat menyebabkan rasa ngilu yang hebat.

7. Kalsium adalah komponen utama yang diperlukan untuk mencegah masalah gigi. Kalsium banyak terdapat pada sumber seperti susu, brokoli, almond, dan kacang-kacangan.

8. Kunjungi dokter gigi secara teratur minimal 6 bulan sekali untuk kontrol agar dapat ditemukan jika memang ada gigi atau gusi yang bermasalah.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "8 Tips Atasi Gigi Sensitif"

  1. wah berarti gak boleh makan es krim ya...

    ReplyDelete
  2. maaf mau tanya, flossing itu apa ya ? yang di poin 2. soalnya saya juga gigi sensitif

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaku juga blm tahu mbak, hehe

      Delete
  3. Saya cuman satu kali mengalami sakit gigi, karena gak tahan sakitnya akhirnya saya cabut. sekrang allhamdulillah udah gak pernah lagi sakit gigi

    ReplyDelete

Labels