5 Manfaat BRA untuk Kesehatan

TIDAK peduli seberapa besar ukuran payudaranya, seorang perempuan sudah seharusnya mengenakan bra.

Bukan semata-mata untuk penampilan, tetapi ada alasan kesehatan sehingga perempuan perlu mengenakan bra.


Ada beragam alasan kesehatan sehingga perempuan sebaiknya mengenakan bra. Apa saja itu?

5 Manfaat BRA untuk Kesehatan:


1. Gravitasi adalah musuh payudara

Buah dada secara alami berbentuk dari ligamen suspensori internal dan amplop kulit luar yang berisi payudara. Payudara sendiri terdiri dari campuran kelenjar dan lemak. Semakin banyak kelenjar yang ada, semakin berat payudara. Begitu pula, semakin banyak lemak maka payudara akan terlihat semakin besar.

"Semua berat ini berkombinasi dengan tarikan gravitasi yang menyebabkan kendur dan ketidaknyamanan," kata American Society of Plastic Surgeons President, Dr. Robert X. Murphy, Jr, seperti dilansir laman The Huffingtonpost, Jumat (21/2).

Di situlah bra berfungsi. Untuk payudara dengan ukuran tertentu, bra memberikan dukungan dan menjaga jaringan payudara dari bahaya gravitasi.

2. Mencegah sakit punggung dan masalah tulang belakang

Wanita dengan payudara besar biasanya lebih sering menderita sakit punggung dan tulang belakang berbentuk kurva. Payudara besar membuat wanita seperti membawa beban berat di bagian depan tubuh, sehingga punggung harus mengimbangi berat tersebut jika tidak memakai dukungan seperti bra.

Bra membantu mengangkat payudara ke atas dan dalam, sehingga postur tubuh yang tepat dapat terbentuk, serta membuat tubuh lebih nyaman dan alami. Bra juga memperkuat otot romboid, yaitu otot-otot di antara tulang belikat yang dapat menjaga tulang belikat tetap kencang dan menarik dengan lebih mudah.

3. Bra menunda proses pengenduran payudara

Tentu tidak ada cara untuk menghentikan tarikan gravitasi dan kendur pada payudara, tetapi anda masih bisa menunda prosesnya dengan bra. Untuk itu, bra harus digunakan sesering mungkin karena tidak ada cara untuk melatih payudara melalui memori otak.

"Kulit dan ligamen tidak memiliki memori sendiri. Karena sifat yang menyebabkan jaringan meregang dan melorot, itu bukan sesuatu yang bisa dilatih atau dikembangkan seperti otot," kata Dr. Murphy.

Tapi bukan berarti anda harus mengenakan bra selama 24 jam dalam 7 hari, karena menggunakan bra saat tidur tidak akan berpengaruh pada gravitasi.

4. Menghindari nyeri bahu dan leher dengan ukuran bra yang pas

Nyeri punggung akan terjadi pada wanita yang salah memakai ukuran bra. Jika bra tidak cocok, di mana bagian belakang terlalu sesak, dapat meningkatkan risiko sakit punggung. Begitu juga dengan bahu, anda pasti akan merasa tidak nyaman karena bra seharusnya tidak membatasi gerakan.

5. Wanita berpayudara kecil juga perlu pakai bra

Wanita yang memiliki ukuran payudara lebih kecil tidak dapat menghindari masalah kosmetik yang datang karena tidak suka memakai bra, bahkan jika mereka tidak mengalami rasa sakit.

Jika anda memilih untuk tidak memakai bra ketika anda muda, anda akan melihat lebih banyak kendur seiring bertambahnya usia.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Manfaat BRA untuk Kesehatan"

Labels