5 Hal Jalan Kaki Seperti Apakah yang Membantu Penurunan Berat Badan

KEBANYAKAN orang yang menganggap berjalan kaki setiap hari akan membantu menurunkan berat badan.

Jika Anda salah satunya, maka Anda perlu tahu berjalan seperti apakah yang bisa benar-benar membantu program penurunan berat badan anda.

"Berjalan kaki banyak dilakukan orang karena merupakan salah satu bentuk latihan yang relatif aman dan menyenangkan. Baik juga untuk menurunkan berat badan. Namun bagi mereka yang terkena arthritis atau masalah punggung, saya lebih menyarankan berenang atau bersepeda," kata seorang ahli bedah ortopedi, seperti dilansir laman Times of India, Dr. Dilip Nadkarni, Selasa (4/2).


Menurut Dr. Dilip, kebiasaan berjalan kaki dapat memberikan memiliki beberapa manfaat kesehatan selain membantu penurunan berat badan. Di antaranya latihan kardiovaskular yang sangat baik, membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien, dan membantu mencegah osteoporosis serta menjaga kesehatan tulang.

Untuk membuat berjalan menjadi latihan yang efektif untuk menurunkan berat badan, ada 5 hal hal yang harus dilakukan.

5 Hal Jalan Kaki Seperti Apakah yang Membantu Penurunan Berat Badan Anda:


1. Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan saat berjalan

Otot seperti otot betis, paha depan atau paha belakang, harus dalam posisi lentur saat berjalan. Sebuah sesi peregangan yang baik membantu otot-otot ini memberikan kinerja terbaik mereka. Biasakan untuk melakukan peregangan ringan sebelum dan sesudah berjalan.

2. Lakukan juga latihan beban

Latihan beban dapat membantu memperkuat otot betis, sehingga akan membuat anda berjalan dengan lebih aman dan mencegah risiko cedera. Selain itu, otot yang kuat juga akan mencegah degenerasi sendi.

3. Terapkan pola kecepatan optimum

Kecepatan optimum saat berjalan diperlukan bagi anda untuk mengurangi berat badan. Berjalan harus dilakukan dalam tempo cepat untuk bisa menaikkan detak jantung. Banyak orang tidak berhasil menurunkan berat badan dengan berjalan karena tempo yang dilakukan terlalu pelan.

4. Perhatikan cara kaki menapak saat berjalan

Gaya berjalan sangat penting bagi anda agar aktivitas berjalan yang dilakukan efisien dan bebas cedera. Biasakan berjalan dengan tumit belakang menyentuh tanah terlebih dahulu, diikuti dengan telapak kaki bagian tengah dan ujung depan jari-jari kaki. Lakukan juga berjalan dengan posisi tubuh tegak tanpa membungkuk.

5. Gunakan sepatu yang tepat

Sepatu bisa menjadi teman atau musuh saat anda sedang berjalan. Sepatu yang benar dapat memberikan efek positif pada kesehatan dan membantu penurunan berat badan, sementara sepatu yang salah justru akan memicu masalah pada lutut atau punggung. Belilah sepatu khusus yang memang dirancang untuk berjalan, jangan membeli sepatu tenis atau sepatu futsal untuk berjalan.

sumber jpnn.com

Subscribe to receive free email updates: