5 Efek Negatif Mandi dengan Air Panas

MANDI memang bisa membuat tubuh kembali segar.

Karena beberapa sebab, beberapa orang ada yang memilih mandi menggunakan air panas dan hangat. Meski aman karena saat mandi anda jadi tidak kedinginan, mandi dengan air panas bisa memberi efek negatif bagi tubuh.

Dua profesional medis, Dr. Heather Woolery-Llyod, co-founder Specific Beauty Skincare dan Dr. Heidi Waldorf, direktur laser and cosmetic dermatology di Mount Sinai Medical Center berbagi tentang efek negatif mandi dengan air panas.


5 Efek Negatif Mandi dengan Air Panas:


1. Penyebab Masalah Kulit

Mandi air panas memang terasa aman dan bisa memberi kenyamanan di tubuh. Tapi, tanpa disadari hal itu justru merusak kulit anda karena air panas bisa mencuri minyak alami yang ada pada tubuh dan memperburuk masalah kulit seperti eksim, kulit kering, dan gatal-gatal.

"Jika sudah terbiasa menggunakan air panas, jangan langsung beralih ke air dingin. Coba gunakan air hangat dulu karena mandi dengan air dingin juga tidak terlalu berefek baik pada kulit kecuali anda orang yang mudah gerah, air dingin bisa membantu menutup pembuluh yang melebar karena panas," kata Dr. Waldorf, seperti dilansir laman Blistree.

2. Menghilangkan Minyak Alami Kulit

Sabun dengan banyak busa mengandung bahan yang disebut surfaktan dan jika digunakan dengan air panas akan mengikat dan menghilangkan minyak alami dari kulit.

Banyak pasien yang mengeluh kulitnya bersisik setelah memakai sabun dengan kandungan busa tinggi. Oleh karena itu, lebih baik anda menggunakan produk sabun yang bisa memberi sedikit protein pada kulit sehingga lebih terhidrasi.

3. Penyebab Kulit Iritasi dan Kering

Anda tidak bisa membilas sisi kiri atau kanan. Hal itu justru membuat kulit bersisik anda makin parah. Kecuali jika menggunakan pembersih lembut yang dirancang khusus untuk tidak dibilas sepenuhnya karena mengandung pelembab tambahan. Jika kulit bersisik dan kering tapi anda tetap melanjutkan mandi dengan air panas, kemungkinan kulit anda akan teriritasi dan makin kering.

4. Iritasi pada Wajah

Biasanya, anda menggunakan pembersih wajah setelah mandi, dengan sebelumnya anda sudah membasuh wajah dengan air panas padahal apa pun yang digunakan setelah mandi lebih cepat terserap, maka yang terjadi adalah iritasi pada wajah. Hal terpenting adalah setelah mandi jika ingin menggunakan krim atau pembersih wajah, pilihlah yang bisa menghidrasi kulit.

5. Kulit jadi tergesek terlalu keras

Ketika mengeringkan tubuh, pada dasarnya anda menggosok sisi kasar velcro pada daging sehingga membuat kulit kering lebih buruk lagi. Para dokter menyarankan setelah mandi air panas, tepuk-tepuk saja bagian tubuh untuk mengeringkannya. Setelah itu, gunakan krim pelembab untuk tangan, kaki, dan bagian tubuh lain yang memiliki kulit kering.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "5 Efek Negatif Mandi dengan Air Panas"

  1. lebih efektif dengan menggunakan air dingin gan lebih kerasa, sehat dan segar ke badan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadeeh....saya lebih suka air hangat malah

      Delete
  2. Di Bogor kalau mandi pake air dingin bisa menggigil terus pilek. Kalau air hangat (ngga sampe panas) tidak berefek negatif kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bogor terkenal dingin, so air hangat tak masalah

      Delete
  3. teryata mendi dengan air panas gak baik buat kesehatan y sob salam kenal

    ReplyDelete
  4. wah ternyata mandi pakai air panas ada efek negatifnya juga ya, padahal tubuh terasa nyaman klo mandi pake air panas. Mas blog ini kutambahin link di blog ku.

    ReplyDelete
  5. Untungnya jarang mas, kecuali kala pas lagi meriang .. hehe

    ReplyDelete

Labels